Jumat, 12 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kejari Gorontalo Utara Dalami Tiga Kasus Dugaan Korupsi

Oleh Admin Hargo , dalam Headline HumKam , pada Senin, 25 Juli 2022 | 00:05 Tag: ,
  Ilustrasi. Kejari Gorontalo Utara dalami tiga kasus dugaan korupsi. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Hingga Juli 2022, sudah ada tiga kasus dugaan korupsi yang sementara ditangani oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Gorontalo Utara (Gorut). Ketiga kasus tersebut masih dalam tahap penyidikan.

Penegasan ini disampaikan, Kasie Intel Kejari Gorontalo Utara, Eddie Sudrajat saat ditemui di sela sela kegiatan memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-62. 

“Hingga saat ini masih ada 3 kasus korupsi yang ditangani Kejari Gorontalo Utara, dan kesemuanya masih pada tahap penyidikan. Sebenarnya, ada 5 kasus korupsi, namun untuk 2 kasus itu, satunya sudah ada putusan yakni terkait BLU-SPAM. Dan yang satunya tinggal menunggu putusan inkrah,” katanya.

Ketia kasus yang masih proses penyidikan tersebut, kata Eddie Sudrajat yakni dugaan korupsi BUMD Tinelo Lipu, proyek Puskesmas Kwandang dan dugaan korupsi rumah mahyani di desa. Menurut Eddie Sudrajat, untuk kasus tersebut ada yang merupakan laporan masyarakat, dan ada juga merupakan hasil temuan intelijen. 

“Semua kasus itu berdasarkan temuan atau laporan masyarakat dan temuan intelijen. Tapi kalau untuk dana desa itu kebanyakan laporan dari masyarakat,” tegasnya.

Penanganan kasus korupsi, kata Eddie Sudrajat, tidak sama dengan kasus lain yang dari sisi waktu memakan waktu yang cukup lama. Seperti penahanan kasus BLU-SPAM yang memakan waktu setahun lebih. 

“Hal tersebut juga turut dipengaruhi oleh hasil audit BPKP terkait kerugian negara,” ujarnya.

Selain terhadap kasus korupsi, banyak juga kasus untuk pidana umum yang ditangani oleh Kejari Gorut, yang menurut Eddie Sudrajat, jika dirata ratakan dalam sebulan sekitar 5 kasus yang ditangani untuk pidana umum. 

“Dan yang paling banyak kasus penganiayaan dan pencabulan,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 192 times, 1 visits today)

Komentar