Mendikbud Ristek, Nadiem Anwar Makarim

Kemendikbud Ristek Gelar Acara Puncak Bulan Bahasa dan Sastra 2022

Edukasi

Hargo.co.id, JAKARTA – Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), menggelar acara puncak Bulan Bahasa dan Sastra (BBS) Tahun 2022. 

Kegiatan BBS yang berlangsung di Jakarta pada Jumat (28/10/2022) itu, dibuka secara resmi pada 1 Oktober lalu, dengan mengangkat tema “Bangkit Bersama” yang memiliki maksud agar masyarakat saling mendukung dan bahu – membahu untuk bangkit dari pandemi serta tumbuh menjadi lebih kuat.

banner 728x485

Dalam kesempatan tersebut Mendikbud Ristek, Nadiem Anwar Makarim, menyampaikan bahasa Indonesia diciptakan untuk merajut beragam suku, agama, etnis, dan golongan menjadi satu kesatuan. Olehnya bahasa Indonesia memiliki keunggulan dalam hal sifatnya yang terbuka.

“Bahasa Indonesia dengan leluasa menyerap banyak kosakata, istilah, serta konsep, baik dari bahasa asing maupun bahasa daerah. Hal tersebut dapat kita lihat dari entri Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang terus bertambah,” kata Nadiem Anwar Makarim.

Lanjut Mendikbud Ristek RI itu juga menuturkan bahwa hal tersebut membuktikan bahasa Indonesia terus berkembang. Namun, dewasa ini bahasa Indonesia menghadapi tantangan yang semakin rumit yang salah satunya disebabkan oleh perkembangan teknologi yang makin cepat.

“Oleh karena itu, Badan Bahasa berusaha meningkatkan peran bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmu pengetahuan serta sebagai bahasa yang mampu mengartikulasikan perkembangan teknologi dan mengekspresikan pengalaman-pengalaman baru generasi muda,” tutur Nadiem Anwar Makarim.

Selain itu ia mengungkapkan bahwa  Badan Bahasa selalu berkomitmen untuk terus mengakselerasi perkembangan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan teknologi yang tepat guna. Ia berpesan kepada para guru untuk memanfaatkan inovasi – inovasi teknologi dari Badan Bahasa ini dalam pembelajaran bahasa dan sastra di sekolah.

“Demikian pula halnya dengan pegiat bahasa dan sastra Indonesia. Sebarkan praktik baik Anda dalam menggunakan produk – produk teknologi kami kepada masyarakat yang lebih luas,” ungkap Mendikbud Ristek.

Sebagai informasi,  sejak tanggal 1 Oktober hingga tiba pada acara puncak Bulan Bahasa dan Sastra 2022 pada tanggal 28 Oktober, Badan Bahasa telah menyelenggarakan berbagai kegiatan, baik di pusat maupun di daerah. Diantaranya apresiasi, kompetisi, pementasan, diskusi, dan pemberian informasi untuk meningkatkan sikap positif terhadap bahasa Indonesia dan sikap apresiatif terhadap sastra. 

Pada momen ini, Badan Bahasa juga meluncurkan sejumlah platform untuk meningkatkan layanan kebahasaan dan kesastraan, yaitu aplikasi Halo Bahasa Versi iOS, aplikasi Padanan Istilah (Pasti), laman Buku Digital (Budi), laman Penerjemahan Daring (Penjaring), dan laman Simulasi UKBI Adaptif Merdeka.

Selain itu dalam kesempatan yang sama, juga diumumkan para pemenang lomba dan festival serta penerima Penghargaan Sastra Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2022. Daftar pemenang lomba dan penerima penghargaan dapat dilihat di laman www.badanbahasa.kemdikbud.go.id. (***)

 

Rilis: Balai Bahasa

Editor: Zulkifli Polimengo 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *