Senin, 17 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ketika Kepala Daerah Mulai Manfaatkan Tempat Terbuka Lantik Pejabat

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Kamis, 5 Januari 2017 | 15:58 PM Tag: , , , ,
  

 

Pengisian pejabat untuk struktur organisasi perangkat daerah (OPD) yang baru, dilakukan seluruh kepala daerah di Indonesia, termasuk di Gorontalo. Hanya saja ada yang menarik, ketika pada kepala daerah melakukan pelantikan. Mereka keranjingan melantik di luar gedung.

Roy Tilameo – Bone Bolango

Jika beberapa hari lalu Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo melantik ratusan pejabatnya di tepi danau Limboto, engan harapan para pejabat lebih rutin turun lapangan.

Di Makassar, Walikota Dani Pomanto mengukuhkan ratusan pejabatnya di tepi pantai Lossari, kini giliran Bupati Bone Bolango Hamim Pou, yang mengukuhkan 619 pejabatnya di pantai Molotabu, Kecamatan , Kabila Bone, Bone Bolango.

Jelas saja, pantai yang menjadi objek wisata andalan di Kabupaten Bone Bolango itu, ramai dengan aparatur sipil negara (ASN).

Sejak pagi, 08.00 wita, pantai Molotabu sudah ramai. Satu persatu para pejabat yang mengenakan seragam putih hitam sudah mulai mengambil barisan masing-masing sesuai dengan tingkatan eselon.

Untuk eselon II dan III berada di barisan paling depan. Sementara eselon IV berada di barisan kedua hingga ke enam atau sudah dekat air laut.

Dibawah sengatan matahari dan deru ombak yang memecah di tepi pantai, ratusan pejabat itu diambil sumpah jabatan hingga pembacaan pakta integritas.

Di lokasi tersebut Bupati Bone Bolango Hamim Pou didampingi Wabup Mohamad Kilat Wartabone dan Sekda Ishak Ntoma, serta Ketua DPRD Faisal Mohie resmi melantik dan mengukuhkan sebanyak 619 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator.

Bupati Hamim Pou dalam kesempatan tersebut mengatakan, alasan dirinya memilih lokasi pelantikan di Pantai Molutabu, karena dia ingin dan berharap semua pejabat yang dilantik itu bisa membuka cakrawala, berpikir bebas, berkreasi, berinovasi dan berpikir lepas, serta berpikir luas seluas samudera lautan.

Bupati juga berkeinginan semua pejabat yang dilantiknya bisa bekerja keras dan bekerja dengan cerdas. Kemudian juga kerja ikhlas dan kerja tuntas.

”Jadi kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja tuntas yang kita butuhkan di Bone Bolango,”ujarnya.

Selain itu, lanjut Bupati pesan kedua kenapa pelantikan pejabat ini dibuat di Obyek Wisata Pantai Molutabu, karena Pantai Molutabu merupakan salah satu peluang pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bone Bolango di sektor pariwisata, yakni pariwisata bahari, pariwisata laut maupun pariwisata pantai.

“Pemandangan ditepian pantai ini cantik sekali. Saya tidak tahu apakah ada di daerah lain, Bupati melantik pejabatnya di pinggir laut. Tapi kalau di Gorontalo barangkali nanti kepala daerah maupun Bupati Bone Bolango yang pertama kali melantik para pembantunya di tepian laut,”ucapnya.

Lebih lanjut, Bupati kembali mengingatkan kepada jajaran pejabat yang dilantiknya itu agar semua bekerja lebih cepat dengan prinsip kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas.

Bupati mengaku tidak sabar melihat perkembangan maupun perubahan-perubahan di Kabupaten Bone Bolango. Bupati juga mengaku senang jika memiliki pejabat maupun pembantunya yang mau kerja sungguh-sungguh dan tulus ikhlas.

Tidak selalu pikir berapa honornya atau tunjangannya dan sebagainya.

”Jadi saya ingatkan, jika anda tidak menunjukan kinerja yang baik 3-6 bulan kedepan anda pasti akan diganti,”tegasnya.

Kata Hamim, selama hampir 6 tahun dia memimpin Bone Bolango, nanti kali ini dia melantik pejabat yang berjumlah ratusan orang. Ini luar biasa, kalau semua pejabat yang dilantik ini menerapkan prinsip-prinsip kerja tadi.

Bupati Hamim Pou yakin 3-6 bulan kedepan akan kelihatan perbaikan-perbaikan kinerja di setiap OPD di Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, mulai dari Puskesmas, Cabang Diknas, Sekretariat DPRD, Setda, termasuk di OPD baru yang telah kita bentuk.

Diakhir penyampaiannya, Bupati mengingatkan kepada seluruh pejabat yang dilantik dan kepada seluruh ASN di Bone Bolango harus seiring dan sejalan serta mensuport visi-misi kepala daerah.

Terlebih beban kerja dan tantangan kedepan makin berat, kemudian tuntutan dan harapan masyarakat juga makin tinggi dan besar pula.

Hamim Pou mendoakan semoga Allah SWT meridhoi dan melindungi dan membimbing kita.

“Mari kita bersatu bantu saya. Tidak boleh saling menjatuhkan, mari kita saling mengayomi, mengasihi. Niatkan ini adalah ibadah agar menjadi berkah untuk kita, keluarga dan masyarakat. Saya sayang kepada saudara-saudara semua. Selamat bekerja semoga kita sukses,”tutup Hamim Pou.

Sebelumnya di masa kepemimpinan Bupati Gorontalo Utara Hamdan Datungsolang juga melantik para pejabatnya di lapangan terbuka yang ada di Kecamatan Kwandang, Gorut. (*)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar