Selasa, 5 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Korban Tenggelam di Danau Limboto Berhasil Ditemukan, Sudah Tak Bernyawa

Oleh Admin Hargo , dalam Headline Metropolis , pada Kamis, 26 Mei 2022 | 00:05 Tag: , ,
  Tim SAR Gabungan saat melakukan pencarian korban yang hilang di Danau Limboto, Senin (23/05/2022). (Foto: istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Setelah melakukan pencarian, Tim SAR gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, IEA, BPBD, dan masyarakat akhirnya menemukan Tomi Mahmud (40), Warga Desa Pilobuhuta, Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo yang diduga tenggelam saat memancing ikan di Danau Limboto, Senin (23/05/2022) kemarin.

Kepala Basarnas Gorontalo, I Made Junetra mengatakan, pencarian terhadap  Tomi Mahmud dilakukan setelah pihaknya menerima informasi terkait hilangnya Korban. Tim sar Gabungan melakukan pencarian sejak malam hari untuk memaksimalkan proses pencarian.

“Kami menerima laporan dari masyarakat pukul 18.30 Wita, setelah mendapat laporan petugas langsung bergegas menuju lokasi, dan langsung menjalankan operasi malam hari,” kata I Made Junetra, Selasa (24/05/2022). 

Setelah kurang lebih tiga jam melakukan pencarian, pada Pukul 21.00 Tim SAR gabungan berhasil menemukan perahu yang ditumpangi korban. Saat ditemukan, kata I Made Junetra, perahu yang ditumpangi korban dalam kondisi tenggelam.

“Saat melakukan pencarian di malam hari tersebut, sekitar pukul 21.00 Wita, Tim terlebih menemukan perahu korban yang dalam kondisi tenggelam,” katanya menerangkan.

Setelah menemukan tanda-tanda keberadaan korban, Pencarian terhadap Tomi Mahmud difokuskan di sekitar lokasi ditemukannya perahu korban. Sayangnya, pencarian di malam hari tersebut belum membuahkan hasil yang maksimal. Tim Sar Gabungan kemudian melanjutkan pencarian terhadap korban Keesokan harinya, Selasa, (24/05/2022). 

“Besoknya yaitu pada Selasa 24 mei 2022, Tim kembali melakukan pencarian. Setelah lebih kurang 10 KM pencarian di dalam air, tim SAR gabungan berhasil menemukan jasad korban di sekitar lokasi kejadian, tidak jauh dari perahu yang ditumpangi keduanya. Saat ditemukan korban sudah dalam kondisi meninggal dunia,” kata I Made Junetra.

Setelah ditemukan, jasad korban kemudian dievakuasi dan diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan.

Sebelumnya, Tomi Mahmud dilaporkan hilang saat memancing ikan di Danau Limboto, Senin(23/05/2022). Diduga, perahu korban terbalik diterpa angin akibat cuaca buruk. Pihak keluarga kemudian meminta bantu masyarakat sekitar untuk melakukan pencarian di lokasi yang biasanya menjadi tempat korban memancing ikan.

Beberapa waktu kemudian, warga berhasil menemukan Wahab Jamalu, salah seorang warga yang menggunakan perahu yang sama dengan Tomi Mahmud. Wahab Jamalu kemudian dilarikan ke Puskesmas Batudaa untuk mendapatkan pertolongan. (***)

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 117 times, 1 visits today)

Komentar