ramadan2024

KST Bakar Gedung SMPN di Pegunungan Bintang

×

KST Bakar Gedung SMPN di Pegunungan Bintang

Sebarkan artikel ini
ASAP MEMBUBUNG: Sejumlah fasilitas umum dan permukiman warga di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, dibakar yang pelakunya disebut dari kelompok separatis teroris kemarin. (DANDIM YAHUKIMO FOR CENDERAWASIH POS)

Hargo.co.id, JAYAPURA – Setelah berkali-kali menghanguskan puskesmas, kelompok separatis teroris (KST) membakar gedung SMPN Serambakon, Pegunungan Bintang, Papua, kemarin (14/12).

badan keuangan

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombespol A.M. Kamal menjelaskan, pembakaran itu terjadi pada pukul 08.30 WIT. Awalnya, petugas mendengar suara tembakan sebanyak tiga kali.

”Petugas langsung memantau kondisi dan situasi,” tegasnya.

Example 300250

Tidak berselang lama, petugas melihat kepulan asap dari arah gedung SMPN Serambakon. Petugas yang mencoba mendekat ke lokasi mendapatkan serangan berupa tembakan.

”Tembakan beberapa kali ke pos Pamrahwan,” ujarnya.

Petugas lantas membalas tembakan tersebut. Kontak tembak dengan KST pun terjadi. Kamal menegaskan, dari semua kejadian itu, petugas memastikan bahwa pelaku pembakaran dan penembakan tersebut merupakan KST.

Hari Kartini

”Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” paparnya.

Sehari sebelumnya pos Brimob Serambakon juga mengalami serangan tembakan. Selain melakukan pengejaran, petugas menjaga titik-titik yang dianggap rawan.

”Serta pintu masuk KST,” katanya.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Kolonel Infantri Aqsha Erlangga mengonfirmasi, KST yang beraksi di Pegunungan Bintang adalah kelompok lama.

”Ngalum Kupel pimpinan Lamek Alepki Taplo,” ungkap dia saat dimintai konfirmasi oleh Jawa Pos kemarin malam.

Berdasar informasi yang dia terima, kondisi dan situasi di sana masih siaga. Bahkan, tidak sedikit warga yang memilih mengungsi sementara waktu.

Aqsha menyampaikan, sebagian besar warga yang mengungsi adalah perempuan, anak-anak, dan lansia.

”Mengungsi ke gereja dibantu aparat TNI-Polri,” jelas dia.

Mereka sangat terganggu lantaran KST tidak hanya membakar sekolah. Masyarakat juga diteror dengan tembakan senjata api.(JawaPos.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “Kelompok Separatis Teroris Bakar Gedung SMPN di Pegunungan Bintang“. Pada edisi Rabu, 15 Desember 2021.


hari kesaktian pancasila