Jumat, 1 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Lihat nih Rokok Ilegal yang Disita Bea Cukai

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Jumat, 21 Januari 2022 | 13:05 Tag: ,
  Rokok ilegal hasil sitaan Bea Cukai. Foto: Humas Bea Cukai

Hargo.co.id, JAKARTA – Bea Cukai terus menggencarkan penindakan terhadap rokok ilegal untuk melindungi masyarakat dari bahaya barang ilegal dan potensi penerimaan negara.

Penindakan kali ini dilakukan petugas Bea Cukai Jambi, Sulawesi Bagian Selatan, dan Bogor.

Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana menyatakan, pihak yang terlibat dalam peredaran rokok ilegal bisa dipidana.

“Peredaran rokok ilegal melanggar ketentuan Undang-Undang Cukai Nomor 39 Tahun 2007. Karena itu, kami senantiasa mengingatkan masyarakat agar lebih waspada dengan mengenali ciri-ciri rokok ilegal,” ungkap Hatta sebagaimana dilansir dari JPNN.com, Kamis (20/1).

Ciri-cirinya adalah rokok polos yang tidak dilekati pita cukai pada kemasan, menggunakan pita cukai palsu, pita cukai bekas, dan pita cukai salah peruntukan.

Hatta menambahkan, masih banyak ditemukan kasus peredaran rokok ilegal. Sebagai bentuk mitigasi risiko atas hal tersebut, Bea Cukai aktif melakukan penindakan.

Bea Cukai Jambi berhasil menyita 1.280.000 batang rokok ilegal yang dilekati pita cukai bekas di wilayah Kota Baru, Jambi.

Petugas Bea Cukai Jambi mengejar dan menyisir truk yang menjadi target operasi. Petugas juga menangkap dua terduga berisnisial YN dan MY.

Dari keterangannya, mereka berupaya mengelabui petugas dengan menyatakan barang bawaannya adalah paket kiriman.

Di Sulawesi Selatan, Bea Cukai melalui kegiatan cyber surveillance berhasil mendeteksi peredaran rokok ilegal dan menyitanya dari perusahaan jasa titipan. Petugas menyita 2 ribu batang rokok ilegal tanpa pita cukai.

Bea Cukai Bogor juga berhasil menggagalkan peredaran 6.280 batang rokok ilegal dari perusahaan jasa titipan.

Hatta mengimbau masyarakat untuk menghubungi Bea Cukai jika menemukan peredaran rokok ilegal.

“Masyarakat dapat menginformasikan ke Bea Cukai dengan mendatangi kantor terdekat atau melalui pusat kontak layanan Bea Cukai di 1500225,” tandas Hatta. (JPNN.com)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Lihat nih Rokok Ilegal yang Disita Bea Cukai, Jumlahnya Fantastis“. Pada edisi Kamis, 20 Januari 2022.
(Visited 41 times, 1 visits today)

Komentar