Selasa, 27 September 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mahasiswa Baru di FSB Disambut dengan Tarian Langgo 

Oleh Admin Hargo , dalam Headline Ragam , pada Senin, 15 Agustus 2022 | 22:05 Tag: , ,
  Tarian atraksi adat Longgo sambut kedatangan mahasiswa baru di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya UNG pada Senin, (15/08/2022) (Foto : Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Ada yang menarik dari penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) di Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) Universitas Negeri Gorontalo. Yakni, Ratusan Maba tersebut disambut dengan Tarian Longgo 

Perlu disampaikan bahwa Tarian Longgo merupakan sebuah tradisi untuk penyambutan tamu di Gorontalo. Menyadur dari itu, maka FSB menggunakan Tarian Longgo sebagai penyambutan mahasiswa baru dan ini ternyata sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu. 

Menurut Ketua Panitia Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Agung Pramono Harun, Tarian Longgo sudah menjadi ciri khas tiap tahunnya untuk penyambutan mahasiswa baru.

“Tidak afdol jika penyambutan mahasiswa baru di FBS jika tak dilakukan secara adat,” kata Agung Pramono Harun, Senin (15/08/2022) usai penyambutan berlangsung. 

Penyambutan mahasiswa baru di FBS UNG dilakukan secara adat. (Foto: istimewa/Tangkapan Layar)
Penyambutan mahasiswa baru di FBS UNG dilakukan secara adat. (Foto: istimewa/Tangkapan Layar)

Tarian Longgo ini dilakukan oleh dua orang penari laki-laki yang menggunakan ikat kepala, sarung dan pakaian tradisional serta satu orang penabuh alat musik. Alat musik yang digunakan adalah Jimbe yang merupakan alat musik pukul yang dimainkan dengan cara memukul menggunakan jari atau telapak tangan. Dalam penyambutan kali ini tidak menggunakan senjata tajam karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Penyambutan mahasiswa baru menggunakan Tarian Longgo ini, sengaja dilakukan di depan gerbang fakultas karena untuk menghindari luka di kaki penari karena mereka biasanya tidak menggunakan alas kaki,” tutur Agung Pramono Harun.

Jumlah mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB di Fakultas Sastra dan Budaya sebanyak 291 orang yang terdiri dari tiga jurusan yakni Bahasa Inggris sebanyak 156 orang, jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia 115 orang dan jurusan Sendratasik sebanyak 20 orang. Semuanya sudah resmi diterima secara adat oleh dekan fakultas dan seluruh civitas akademika di lingkungan Fakultas Sastra dan Budaya UNG. (***)

 

Penulis : Rita Setiawati

(Visited 206 times, 1 visits today)

Komentar