Mahasiswa KKN Tematik UNG di Desa Huangobotu, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango saat melakukan penyuluhan dan pelatihan berbasis hasil Perikanan kepada masyarakat. (Foto: Istimewa)

Mahasiswa KKN di Desa Huangobotu Jalankan Penyuluhan dan Pelatihan Berbasis Hasil Perikanan

Advertorial Edukasi

Hargo.co.id, GORONTALO – Masyarakat di Desa Huangobotu, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango menerima penyuluhan dan pelatihan berbasis hasil Perikanan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Anas Bin Malik, Kordes KKN tematik di desa Huangobotu mengatakan, Kegiatan tersebut merupakan program yang dijalankan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, dengan memberikan pengetahuan produk perikanan untuk dikembangkan kedepannya.

banner 728x485

“Program penyuluhan dan pelatihan berbasis hasil Perikanan bertujuan untuk mengajarkan masyarakat membuat produk Nugget ikan dan bakso ikan agar masyarakat bisa membuat di rumah untuk kemudian di jual dan dikembangkan sebagai usaha,” Anas Bin Malik, Senin (31/10/2022).

Dirinya mengungkapkan, Sebelum memberikan penyuluhan, Kelompok mereka yang terdiri dari 11 orang telah melakukan kunjungan ke pabrik milik PT. Cipta Frima Jaya dan PT. Dwi Jaya Anugerah untuk mengetahui jenis maupun proses pengolahan ikan yang baik, sebelum menjadi produk yang bernilai ekonomi.

Kunjungan Mahasiswa KKN Tematik UNG desa Huangobotu ke Pabrik pengolahan Ikan. (Foto: Istimewa)

Lebih lanjut, Anas Bin Malik menjelaskan, Selama 45 hari pelaksanaan KKN tematik tersebut, kelompoknya yang terdiri dari jurusan Akuntansi dan Jurusan Manajemen Fakultas ekonomi memiliki beberapa program yang dilaksanakan. Dimana, penyuluhan dan pelatihan berbasis hasil Perikanan tersebut merupakan program inti ataupun program unggulan.

“Program tersebut merupakan program unggulan kami. Selain itu terdapat beberapa program tambahan yang juga telah kami jalankan dengan bekerja sama beberapa Instansi pemerintah maupun komunitas yang ada di Gorontalo,” Katanya menjelaskan.

Program tambahan tersebut diantaranya adalah penanaman cabai di dusun wonggole, desa huangobotu. Program ini dilaksanakan bersama Karang taruna serta bekerja sama dengan Dinas pertanian Kabupaten Bone bolango.

Selain itu, kata Anas Bin Malik, ada juga Program tambahan seperti bakti sosial dengan melakukan pembersihan pesisir di pantai. Bakti sosial ini dilaksanakan bekerja sama dengan TVRI bersama Komunitas Goroba.

“Masih ada juga beberapa program lain yang telah terlaksana maupun akan kami jalankan kedepannya. Kami berharap Program Pengabdian yang kami laksanakan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, baik dari sisi ekonomi maupun sosial,” Katanya menandaskan.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *