Jumat, 7 Oktober 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mehbooba, Perempuan Pertama di Kursi Kekuasaan Kashmir

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Dunia , pada Selasa, 5 April 2016 | 19:47 Tag: ,
  

Hargo.co.id JAMMU – Negara Bagian Jammu dan Kashmir, India, akhirnya memiliki pemimpin. Kursi kepemimpinan di wilayah tersebut sempat kosong selama tiga bulan setelah pemimpin sebelumnya, Mufti Mohammad Sayeed, meninggal pada Januari lalu.

Tampuk kepemimpinan akhirnya diserahkan kepada anaknya, Mehbooba, 56. Dia diambil sumpahnya kemarin (4/4). Mehbooba menjadi menteri besar Jammu dan Kashmir pertama yang berjenis kelamin perempuan.

Sebelumnya, posisi tersebut selalu diisi oleh lelaki. Dengan adanya Mehbooba, India secara keseluruhan memiliki lima menteri besar perempuan. ’’Ketika memasuki dunia politik, saya menemukan bahwa ini adalah ruang yang bisa saya gunakan untuk membuat hidup penduduk menjadi lebih baik,’’ kata Mehbooba.

Setelah pemilu 2015, Partai Demokratik Rakyat (PDP) yang masih di bawah kepemimpinan Sayeed bekerja sama dengan Bharatiya Janata Party (BJP).

Mehbooba yang merupakan Ketua PDP itu awalnya tampak enggan melanjutkan koalisi dengan partai BJP. Ideologi dua partai tersebut memang berseberangan.

Keengganan Mehbooba itulah yang membuatnya tarik ulur menerima tampuk kepemimpinan sebagai menteri besar Kashmir. Imbasnya, selama tiga bulan, Kashmir dipimpin langsung oleh pemerintah pusat.

Kesepakatan untuk memimpin Kashmir tercapai setelah Mehbooba bertemu dengan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi pada 23 Maret.

Tidak diketahui kesepakatan yang ditawarkan ke Mahbooba hingga akhirnya mau terus berkoalisi dengan BJP dan memimpin Kashmir. Alumnus Fakultas Hukum Universitas Kashmir itu hanya menyatakan kesepakatan tersebut memuaskan dan positif.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Laman: 1 2 3


Komentar