Selasa, 7 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Memasuki Musim Hujan, BPBD Diminta Siaga

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Sabtu, 2 Oktober 2021 | 09:05 AM Tag: , , ,
  Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo, Jayusdi Rivai

Hargo.co.id, GORONTALO – Memasuki musim penghujan seperti saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diminta untuk siap siaga.

Ini diungkapkan Anggota Komisi I, DPRD Kabupaten Gorontalo, Jayusdi Rivai yang mana menurutnya BPBD harus siaga memasuki musim pancaroba dengan melakukan berbagai tindakan pencegahan untuk meminimalisir berbagai kondisi yang tidak diinginkan.

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni menyiapkan Pusdalops BPBD untuk memantau kondisi situasi pada saat hujan turun, supaya untuk mengantisipasi kejadian bencana sewaktu-waktu,” kata Jayusdi Rivai, Sabtu (02/10/2021).

Menurut Aleg dua periode ini, tindakan antisipasi menghadapi musim saat ini sangat tepat dilakukan seperti dengan melakukan monitoring secara berkala.

“BPBD bisa melakukan komunikasi dengan desa-desa rawan bencana untuk memonitoring kondisi di masing-masing wilayah terutama pada saat musim hujan,” tutur Jayusdi.

Selain pemerintah, politisi PPP ini mengimbau kepada pemerintah tingkat kecamatan, kelurahan, dan desa untuk kembali mengingatkan warga masyarakat di masing-masing wilayahnya untuk melaksanakan kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir serta angin puting beliung hingga tanah longsor yang bisa terjadi pada musim penghujan.

“Intinya kita sedia payung sebelum hujan, jangan nanti ketika ada bencana baru kelabakan sana-sini. Semua hanya dalam konteks ikhtiar, bukan untuk menginginkan terjadi bencana alam,” tandas ketua fraksi PPP ini. (***)

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar