Selasa, 6 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Momen Bersejarah, Joe Biden Bertemu Xi Jinping Jelang KTT G20

Oleh Admin Hargo , dalam Kabar Dunia Kabar Nusantara , pada Senin, 14 November 2022 | 22:05 Tag: , , , , ,
  Xi Jinping dan Joe Biden berjabat tangan di awal pertemuan tatap muka di Bali menjelang KTT G20 (AFP via Getty Images/SAUL LOEB)

Hargo.co.id, DENPASAR – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Bali pada Senin (14/11) petang. Pertemuan keduanya dilakukan menjelang KTT G20 yang dijadwalkan pada 15-16 November di Bali.

Keduanya tampak berfoto bersama dan saling berjabat tangan dengan latar belakang bendera nasional AS dan China di awal pertemuan.

Di awal pertemuan, keduanya berjabat tangan dan menekankan perlunya mengatasi perbedaan serta menghindari konflik.

“Dunia telah tiba di persimpangan jalan,” ucap Presiden China Xi Jinping dalam pertemuannya, dikutip detik.com, Senin (14/11).

Xi menjanjikan pembicaraan yang ‘terus terang’ dan ‘mendalam’ dengan Biden soal masalah-masalah yang memicu ketegangan di antara kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia ini.

“Dunia mengharapkan agar China dan Amerika Serikat akan menangani hubungan itu dengan baik,” ujarnya.

“Pertemuan kami telah menarik perhatian dunia, jadi kami perlu bekerja dengan semua negara untuk membawa lebih banyak harapan bagi perdamaian dunia, kepercayaan yang lebih besar pada stabilitas global dan dorongan kuat untuk pembangunan bersama,” cetus Xi, melalui penerjemah.

Sementara Biden menyambut Xi dengan senyuman di awal pertemuan itu. Biden mengatakan bahwa dirinya ingin agar AS dan China mampu mengatasi perbedaan dan mencegah persaingan menjadi konflik.

“Saya berkomitmen untuk menjaga saluran komunikasi tetap terbuka antara Anda dan saya secara pribadi, tapi pemerintahan kita secara menyeluruh, karena kedua negara kita memiliki begitu banyak hal sehingga kita memiliki peluang untuk menanganinya,” ujar Biden kepada Xi di awal pertemuan.

“Sebagai pemimpin kedua negara kita berbagi tanggung jawab yang dalam pandangan saya, untuk menunjukkan bahwa China dan AS bisa mengatasi perbedaan kita, mencegah persaingan menjadi apa pun yang mendekati konflik dan menemukan jalan untuk bekerja bersama dalam isu-isu mendesak dan global yang membutuhkan kerja sama timbal balik kita,” cetusnya.

Dalam pertemuan itu, Biden dan Xi didampingi jajaran menteri dan pejabat masing-masing. (JawaPos.com)

 

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “Cetak Sejarah, Joe Biden dan Xi Jinping Jabat Tangan di KTT G20 Bali“. Pada edisi Senin, 14 November 2022.
(Visited 35 times, 1 visits today)

Komentar