Nelson: Masjid Raya Islamic Center Segera Dibangun

×

Nelson: Masjid Raya Islamic Center Segera Dibangun

Sebarkan artikel ini
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan Islamic center. (Foto: Istimewa)
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan Islamic center. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Kabar Gembira bagi segenap masyarakat Gorontalo. Kabar tersebut adalah impian pembangunan Masjid Raya Islamic Center yang sejak berdirinya Gorontalo selangkah lagi akan terwujud.

badan keuangan

Ini setelah Pemerintah Provinsi Gorontalo telah menetapkan lahan untuk pembangunan masjid raya tersebut. Lokasinya di desa Lupoyo, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo.

Rabu (19/4/2023) lokasi pembangunan Islamic Center ditinjau langsung Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo bersama Yayasan Islamic Center dan sejumlah perwakilan pimpinan OPD Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Pimpinan OPD Kabupaten Gorontalo.

badan keuangan

Nelson Pomalingo yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia Gorontalo mengatakan, kunjungan di lokasi pembangunan masjid Raya Islamic Center sudah beberapa kali dilakukan. Hal ini kata Nelson, untuk mendorong dan memastikan bahwa pembangunan masjid yang akan menjadi aura Gorontalo ini segera terwujud.

Ketika disentil Kapan peletakan batu pertama dilaksanakan, ketua DPW PPP Gorontalo itu menyebut, bahwa kalau perlu secepatnya dilaksanakan.

“Kita ingin peletakan batu pertama 1 Muharam atau 3 bulan kedepan. Intinya, kita harus memeperhatikan momen penting, Masjid Raya Islamic Center ini diharapkan dapat memberikan aura baru bagi Gorontalo sebagai pusat kegiatan dan pariwisata yang religius dan berbudaya,” harap Nelson.

Nelson pun menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Provinsi Gorontalo yang terus membangun kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota termasuk membentuk yayasan Islamic center. Selaku tuan rumah, Nelson mengatakan kolaborasi yang dibangun dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo yakni dalam rangka merancang tata ruang lokasi pembangunan masjid raya tersebut.

Nelson menegaskan, pelaksanaan pembangunan patut mendapat dukungan dari masyarakat sekitar lokasi,

“Terutama untuk mengikhlaskan lahan yang terdampak pembangunan, karena masjid raya ini tidak hanya berdampak pada kegiatan ibadah, tetapi juga akan membawa manfaat bagi lingkungan sekitar, ekonomi, dan pariwisata,” terang Nelson.

Bupati dua periode itu pun berharap, selain menjadi pusat ibadah, Masjid Raya Islamic Center dapat menjadi pusat kegiatan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Gorontalo dan Provinsi Gorontalo.

“Rencana pemerintah akan ada tamabahan fasilitas museum, ruang pendidikan, edukasi bahkan UMKM, mungkin juga ada ruang olahraga dan sebagainya sehingga menjadi pusat kegiatan dari seluruh masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, ketua yayasan Islamic Center Gorontalo H. Zainuddin Hasan menambahkan, dipilihnya lokasi ini sudah menjadi hasil dari tim teknis bertahun –tahun yang lalu,.

“Dukungan, supporr serta Keikhlasan dari seluruh masyarakat warga Gorontalo yang bermukim di sekitar Danau Limboto ini sangat dibutuhkan agar terwujud masjid Islamic Center,” pinta mantan Bupati Bulukumba itu.

Lanjut Zainuddin Hasan, dimana-mana kalau masjid itu harus yang paling indah dari gedung lain. Contohnya, kata dia, seperti di Kendari.

“Di Bandung, di Jawa Barat justru dibuat danau disekitar lokasi masjid. Nah, kita sudah punya danau yang paling indah. Maka dari itu, mari kita wujudkan impian ini dengan dukungan dan support masyarakat,” tandasnya. (*)

Penulis: Deice