Senin, 24 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Nelson Pomalingo Pastikan Pencairan PEN Tak Bermasalah

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo , pada Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:05 PM Tag: , , ,
  Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo memastikan pencairan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di daerah itu berjalan lancar. Itu setelah DPRD Kabupaten Gorontalo menyampaikan klarifikasi ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) perihal penundaan pencairan dana PEN.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengungkapkan, pihaknya selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo telah melaksanakan rapat bersama DPRD Kabupaten Gorontalo dan jajaran PT. SMI serta beberapa pihak yang berkaitan dengan hal tersebut.

“Kita sudah mendapatkan klarifikasi dari DPRD terkait surat tersebut. Saat ini, Tahap pertama sudah dicairkan dan sekarang kita akan meminta untuk pencairan tahap kedua. Dari segi substansi, prosedural sudah tak ada masalah lagi,” kata Nelson Pomalingo, Kamis (14/10/2021).

Pernyataan Nelson Pomalingo tersebut dibenarkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Syam T Ase. Dirinya menegaskan, surat permohonan penundaan tersebut ditandatangani oleh kurang lebih sembilan orang Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo. 

Syam T. Ase menjelaskan, alasan dikirimkannya surat permohonan penundaan pencairan dana PEN tersebut karena belum dilakukannya sidang paripurna DPRD Kabupaten Gorontalo terkait pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gorontalo 2022.

Namun, kata Syam T. Ase, pada 12 Oktober 2021, DPRD Kabupaten Gorontalo telah mengirimkan surat ke PT. SMI dan ditandatangani oleh dirinya selaku ketua DPRD Kabupaten Gorontalo. Berbeda dengan Surat sebelumnya, Surat kali ini meminta agar pencairan dana PEN dapat dipercepat.

“Di dalam surat, tertuang mereka meminta PT. SMI menunda sementara pencairan dana PEN, sampai ada keputusan rapat paripurna DPRD soal (APBD-P) Tahun 2021. Namun karena rapat paripurna tersebut sudah selesai, maka secara otomatis surat tersebut dinyatakan gugur dengan sendirinya,” terangnya.

Sebelumnya, sembilan anggota DPRD kabupaten Gorontalo bersepakat dan mengirimkan surat permohonan ke PT. SMI untuk melakukan penundaan terhadap pencairan dana PEN kabupaten Gorontalo. Surat DPRD kabupaten Gorontalo dengan nomor 170/DPRD/753 

Dalam Surat tersebut, mereka meminta pihak PT. SMI melakukan Penundaan pencairan dana PEN di Kabupaten Gorontalo karena belum dilakukannya sidang paripurna DPRD Kabupaten Gorontalo terkait pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gorontalo 2022. (***)

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 62 times, 1 visits today)

Komentar