Kamis, 18 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pansus LKPJ Rekomendasikan 8 Point Penting

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Kamis, 9 Juni 2022 | 04:05 Tag: , ,
  Suasana rapat paripurna LKPJ Bupati 2021, Rabu (08/06/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Salah satu rekomendasi penting untuk diperhatikan dan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Gorontalo Utara (Gorut) yakni terhadap realisasi program dan serapan anggaran. Ini menjadi rekomendasi pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) saat paripurna. 

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Khusus (Pansus) LKPJ DPRD Gorontalo Utara, Lukum Diko saat ditemui usai pelaksanaan rapat Paripurna, Rabu (08/06/2022). 

“Pada intinya untuk rekomendasi yang dihasilkan oleh Pansus LKPJ selama kurang lebih sebulan bekerja ada 8 (delapan) poin. Dan semuanya penting terutama untuk serapan anggaran dan juga realisasi program,” ungkap Lukum Diko.

Menurut Lukum Diko, terhadap realisasi program dan juga serapan anggaran tersebut merupakan hal yang penting dan menjadi penilaian atas kinerja pemerintah daerah secara keseluruhan. 

“Termasuk juga pengaruhnya terhadap perolehan ataupun kucuran anggaran dari pemerintah pusat yang selama ini memang daerah masih memiliki ketergantungan yang sangat besar akan hal tersebut,” tegasnya.

Lukum Diko menegaskan bahwa rekomendasi tersebut harus menjadi perhatian yang serius untuk pemerintah daerah dan itu dilaksanakan apa yang menjadi rekomendasi tersebut. Selain itu juga ada persoalan lain lagi yang sebenarnya menjadi rekomendasi dan ketik hal tersebut ditanyakan oleh awak media ini, sambil menarik nafas panjang dan tersenyum, dan bahasa tubuh tersebut mengindikasikan bahwa memang PEN menjadi persoalan yang serius. 

“Itu lagi, namun untuk persoalan PEN akan dibicarakan sendiri dan khusus, karena itu menjadi perhatian yang serius oleh lembaga,” ujar Lukum Diko.

Termasuk juga terhadap 127 janji politik pemerintahan Ceria saat ini yang menurut Lukum Diko belum sampai 50 persen terealisasi. 

“Ini harus menjadi perhatian juga, dan pada intinya apa yang menjadi rekomendasi tersebut harap dilaksanakan untuk pemerintahan kedepan yang lebih baik,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 24 times, 1 visits today)

Komentar