Minggu, 3 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemanfaatan Aplikasi SINAR Mengalami Kendala

Oleh Admin Hargo , dalam Kota Gorontalo Ragam , pada Kamis, 10 Maret 2022 | 02:05 Tag: , ,
  Kantor Sat Lantas, Polres Gorontalo Kota. (Foto: Natha/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Saat ini, jika seseorang ingin memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM), sudah dapat dilakukan secara online tanpa harus mendatangi kantor Satuan Lalu Lintas. Cukup mengakses lewat aplikasi SINAR (SIM Presisi Nasional) yang sudah diberlakukan sejak September 2021 lalu. 

Hanya saja, kadang pemanfaatan aplikasi SINAR ini, mengalami kendala. Ini seperti yang diungkapkan, Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Suka Irawanto,S.I.K,M.Si melalui Kasat Lantas, Iptu Edwin Isa Mahendra S.T.K ketika ditemui beberapa hari lalu di ruang kerjanya.  Menurutnya, dalam penerapan aplikasi SINAR, yang menjadi kendala mendasar adalah persoalan jaringan. 

“Ketika jaringan bermasalah, maka aplikasi ini tentu tidak akan berjalan seperti apa yang diharapkan. Yang namanya aplikasi ya…tidak sempurna. Pasti ada sisi kelemahan dan kelebihannya,” kata Iptu Edwin Isa Mahendra S.T.K.  

Lanjut katanya, kelemahannya yang ada di Gorontalo saat ini yaitu, terkait dengan persoalan jaringan. Untuk hal-hal lainnya semua normal. Mungkin ada sedikit persoalan pula yaitu masih ada masyarakat yang belum terlalu paham tentang teknologi. 

“Oleh karena itu, kami dari Satuan Lalu Lintas, di berbagai kesempatan, turut membantu masyarakat, khususnya dalam hal penggunaan aplikasi SINAR,” katanya. 

Perlu disampaikan bahwa aplikasi SINAR dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan perpanjangan SIM A dan C. Cara pendaftarannya, sangat mudah dan tidak ribet. Cukup hanya dengan mendownload dan memasukkan data diri. Selanjutnya pemohon tinggal menunggu informasi kapan SIM sudah bisa diambil. 

Nantinya informasi akan diterima pemohon melalui aplikasi tersebut. Sementara, untuk pengambilan SIM bisa langsung diambil di kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) ataupun bisa melalui jasa pengantaran kantor POS. (***)

 

Penulis: Diyanti Niode *

*) Penulis adalah mahasiswa magang dari UNG

(Visited 291 times, 1 visits today)

Komentar