Pembagian Hasil Kerjasama Pulau Saronde dengan Pihak Ketiga Dipertanyakan

×

Pembagian Hasil Kerjasama Pulau Saronde dengan Pihak Ketiga Dipertanyakan

Sebarkan artikel ini
Rapat pembahasan LKPJ di lantai 2 ruang rapat Gedung DPRD Gorut. (Foto: Istimewa)
Rapat pembahasan LKPJ di lantai 2 ruang rapat Gedung DPRD Gorut. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemasukan daerah dari bagi hasil tidak tercatat pada Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) dari Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), yakni pemasukan dari hasil kerjasama Pulau Saronde dengan pihak ketiga.

badan keuangan

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Gorontalo Utara (Gorut) tahun 2022, Aryati Polapa.

Aryati dengan tegas meminta kepada Pemkab Gorut untuk memperluas alur keuangan, terlebih dari pulau-pulau yang telah dikerjasamakan.

badan keuangan

“Harusnya ada pemasukan ke daerah, karena ada kerjasama yang dilakukan,” tegasnya.

Dikatakan, pastinya sebelum bekerjasama, pihak ketiga akan menemui pimpinan daerah. Dari hasil pertemuan tersebut kemudian ada rekomendasi, setelahnya membentuk tim dan kemudian ditindaklanjuti dengan penyusunan perjanjian kerjasama.

“Pastinya pemerintah daerah tidak bodoh dalam menjalin kerjasama dengan pihak ketiga yang tidak mendatangkan keuntungan,” kata Aryati.

Example 300250

Dampak dari kerjasama yang telah dibangun pasti dalam bentuk finansial berupa pemasukan, namun dalam LKPJ tersebut, terlapor kosong.

“Jika laporannya kosong karena alur keuangan berbeda, diharapkan pemda dapat memperjelas alur keuangannya, nanti dijelaskan SOPnya seperti apa agar tidak rerbaca nol, padahal ada yang masuk,” kata Aryati.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam MoU dan PKS pemerintah daerah dan pihak ketiga untuk pengelolaan Pulau Saronde dan Pulau Bogisa tahun 2021, Nomor 6/Gorut/MoU/V/2021. dan PKS-nya Nomor 4/Gorut/PKS/Xl/2021, tercatat ada pembagian hasil.

“Disini PKS menjelaskan pembagian hasil,” tandasnya.(*)

Penulis: Alosius M. Budiman



hari kesaktian pancasila