Kamis, 27 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pembebasan Lahan RS Pratama Rencananya Januari 2022

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Sabtu, 11 Desember 2021 | 12:05 PM Tag: ,
  Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Rizal Yusuf Kune

Hargo.co.id, GORONTALO – Perkembangan atas rencana pembangunan Rumah Sakit (RS)  Pratama di Tolinggula, selangkah lagi menuju pada penetapan lokasi. Sesuai rencana, pembebasan lahan dilakukan pada Januari 2022 mendatang.

Ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Gorontalo Utara (Gorut), Rizal Y. Kune saat ditemui di kantornya. Menurut Rizal Y. Kune, pihaknya bersama dengan tim dan juga appraisal telah meninjau langsung lahan yang akan digunakan untuk pembangunan rumah sakit tersebut. 

“Dan tim dari appraisal telah melakukan perhitungan terhadap nilai tanah yang harus dibayar oleh pemerintah daerah,” jelasnya.

Menurut Rizal Y. Kune, tidak ada kendala yang dialami oleh tim dan juga pihak dinas terkait dengan lahan yang akan dijadikan lokasi pembangunan. 

“Bahkan pada saat kami turun, masyarakat malah bertanya kapan akan dimulai pelaksanaan pembangunan rumah sakit tersebut,” ujarnya.

Untuk luasan lahan yang akan digunakan sekitar 2 hektar lebih dan untuk selanjutnya akan segera ditetapkan lokasinya. 

“Penetapan lokasi tersebut penting agar proses dan tahapan selanjutnya dapat segera berjalan dengan lancar,” tegasnya.

Terhadap anggaran pembebasan lahan kata Rizal itu telah dimasukkan kedalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2022 mendatang. 

“Kalau tidak salah sekitar Rp 2 miliar lebih anggaran yang telah disiapkan untuk pembebasan lahan pembangunan rumah sakit pratama tersebut,” ujar Rizal Y. Kune.

Kendala lainnya, kata Rizal Y. Kune. itu juga tidak ada seperti halnya kesesuaian dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Gorontalo Utara. 

“Kami berharap pada Januari 2022 mendatang, pembebasan lahan dapat segera dilaksanakan,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 29 times, 1 visits today)

Komentar