Minggu, 17 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemda Kabupaten Gorontalo  Diminta Segera Isi Jabatan Kosong

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Senin, 11 Oktober 2021 | 02:05 AM Tag: , ,
  Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo, Syarifudin Bano

Hargo.co.id, GORONTALO – Setelah enam bulan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Gorontalo, pemerintah setempat diminta untuk segera mengisi jabatan yang kosong. Pasalnya, banyak jabatan yang kosong untuk eselon II dan III yang mendesak untuk segera diisi. 

Pernyataan ini disampaikan Ketua Komisi l, DPRD Kabupaten Gorontalo, Syarifudin Bano ketika dihubungi media ini, Ahad (10/10/2021). Menurutnya, ada aturan yang melarang seorang kepala daerah untuk melakukan mutasi, pada enam bulan sebelum dan enam bulan sesudah Pilkada di daerah tersebut. 

“Saat ini sudah melewati enam bulan setelah Pilkada, sehingga sudah waktunya untuk mengisi jabatan yang kosong karena adanya yang pensiun dan atau pindah tugas. Makanya, kami dari DPRD khususnya Komisi I mendesak pemerintah untuk segera mengisi jabatan yang kosong,” kata Syarifudin Bano.

Lanjut kata Syarifudin Bano, terkait siapa menempati apa itu adalah hak prerogatif dan kewenangan sepenuhnya oleh bupati sebagai user. Menurutnya, pihak legislatif tak ingin masuk ke ranah itu.

“Kami tak ingin mengintervensi itu. Pasti bupati sudah memiliki track record atau rekam jejak terhadap orang yang akan ditempatkan di posisi-posisi tertentu. Bupati tentunya punya penilaian tersendiri,” jelasnya.

Dikatakannya, dalam rangka mewujudkan visi-misi Bupati Gorontalo, Nelson  Pomalingo, tentunya akan mencari dan memilih orang-orang yang berkompeten yang bisa bekerjasama dalam membangun daerah kedepan. 

“Pastinya itu yang akan dilakukan dengan menjunjung tinggi profesionalitas dan segera dilakukan pengisian. Karena yang namanya pelaksana harian, pelaksana tugas, atau penjabat lainnya, punya keterbatasan kewenangan. Sekarang sudah bisa melakukan pengisian jabatan terhadap kekosongan selama ini itu kita minta untuk sesegera mungkin dilaksanakan,” kunci Syarifudin Bano. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

 

(Visited 26 times, 1 visits today)

Komentar