Selasa, 9 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penderita Kolesterol Tinggi Wajib Konsumsi 3 Makanan Sehat dan Lezat Ini

Oleh Admin Hargo , dalam LifeStyle , pada Rabu, 3 Agustus 2022 | 14:05 Tag: , , , ,
  Ilustrasi, Makanan sehat Oatmeal. (iStockPhoto)

Hargo.co.id, JAKARTA – KOLESTEROL sebenarnya baik untuk tubuh Anda. Namun, kolesterol yang berlebih justru mendatangkan hal yang tidak baik untuk kesehatan.

Kolesterol tinggi bisa terjadi akibat Anda terlalu stres, mengonsumsi makanan kaya lemak, dan lainnya.

Selain dengan obat penurun kolesterol, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan berikut untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir JPNN.com.

1. Ikan kaya asam lemak omega-3

Berbagai ikan yang kaya kandungan asam lemak omega-3, seperti ikan kembung, tongkol, dan tuna, juga merupakan makanan sehat penurun kolesterol.

Meski tidak berpengaruh langsung terhadap kolesterol jahat, mengonsumsi beragam ikan untuk penderita kolestrol tersebut bisa membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, katuk, dan kangkung dipercaya melindungi pembuluh darah dari plak akibat tumpukan kolesterol.

Anda disarankan makan sayuran setiap hari. Selain sebagai pendamping makanan penurun kolesterol setelah makan daging, kamu bisa mengolahnya jadi jus atau smoothies.

3. Oatmeal

Mengonsumsi 5–10 gram serat larut per hari bisa menurunkan kolesterol LDL.

Anda bisa memperoleh sekitar 6 gram serat dengan mengonsumsi satu setengah cangkir oatmeal.

Untuk meningkatkan asupan serat harian, Anda juga bisa menambahkan oatmeal dengan buah-buahan, seperti pisang maupun buah beri.(JPNN.com)

 

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “3 Makanan Sehat dan Lezat yang Wajib Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi“. Pada edisi Rabu, 03 Agustus 2022.
(Visited 18 times, 1 visits today)

Komentar