Senin, 30 Januari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Peneliti Lingkungan: Kawasan Gunung Mereki Alami Tekanan Gejala Tektonik

Oleh Berita Hargo , dalam Headline , pada Rabu, 11 Januari 2023 | 16:07 Tag: , , , , ,
  Situasi Sungai Aladi di kawasan gunung Mereki yang dipenuhi material tanah longsor. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Kawasan Gunung Mereki, Desa Pelita Hijau, Kecamatan Bonepantai, Kabupaten Bone Bolango diinformasikan telah mengalami tekanan gejala tektonik ringan, dengan flut sesar, sebagai bidang rekahan yang disertai oleh adanya pergeseran relatif (displacement) satu blok terhadap blok batuan lainnya.

Hal itu diungkapkan oleh Ridwan Tohopi, selaku peneliti lingkungan di Gorontalo, yang disampaikan melalui rilis dan beredar dibeberapa grup pesan singkat WhatsApp pada Rabu (11/01/2023).

banner 728x485

Informasi diatas tersebut didapatkan melalui studi yang dilakukan bersama Pusat Studi Lingkungan UNUGo, melalui citra satelit. Itu dilakukan dengan cara mengkaji pergeseran butiran pasir dan batu.

Dalam rilis tersebut ia menuliskan bahwa jarak pergeseran material gunung tersebut akan secara perlahan turun kedataran rendah, masuk melalui aliran sungai. Sesar dengan ukuran besar terjadi akibat gaya tektonik yang ditimbulkan saat terjadinya pergerakan lempeng, seperti zona subduksi pada pertemuan dua lempeng tektonik antara Pelita Hijau dan Aladi.

Selain itu juga dituliskan bahwa secara alami, sesar Gunung Mereki atau patahan dapat terbentuk akibat adanya gaya pada batuan (dapat berupa gaya yang menekan, gaya yang menarik, maupun kombinasi keduanya), sehingga batuan tidak mampu lagi menahan gaya tersebut.

“Sampai saat ini daerah sesar Gunung Mereki masih aktif bergerak walaupun lambat, material gunung telah mendekati sungai bilungala. Jika gerakan sesar ini semakin cepat, memungkinkan berdampak buruk bagi masyarat Desa Aladi dan Pelita Hijau termasuk desa sekitar,” tulis Ridwan Tohopi.

Diakhir tulisannya, ia menambahkan bahwa material yang bergerak mengandung unsur basah dan berbusa. Sampai dengan ia mengakhiri tulisan dalam rilisnya ini, ia menginformasikan bahwa belum di teliti apakah memiliki kandungan mineral lainnya.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 52 times, 1 visits today)

Komentar