Selasa, 9 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Perahu dan Mesin Ketinting Bantuan di Boalemo, Raib 

Oleh Admin Hargo , dalam Metropolis , pada Rabu, 3 Agustus 2022 | 04:05 Tag: ,
  Ilustrasi. Jenis perahu ketinting yang raib di Boalemo. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Sepertinya wilayah pesisir Tilamuta, Boalemo, mulai tidak aman dari aksi pencurian. Seorang nelayan di Daerah ini, yakni Syamsul Abaidata (31), kehilangan mesin dan perahunya, yang sedang bertengger di laut area Pantai Desa Pentadu Timur.

Peristiwa itu ketahui korban pada Ahad (31/07/2022) , saat dirinya hendak melaut. Diduga perahunya hilang pada pertengahan malam, Sabtu, 31/07/2022. Kini, ia hanya bisa pasrah sembari mengharapkan, ada bantuan dari para pihak, untuk menemukan perahunya.

Betapa tidak, perahu tersebut sangat menopang ekonomi keluarganya. Upaya pencarian yang ia lakukan hingga saat ini, belum membuahkan hasil. Ia sendiri sudah menyusuri perairan laut wilayah Dulupi-Botumoito, menggunakan perahu sewa. Namun hasilnya tetap sama, nihil.

“Tolong bantu kami ya Pak. Kami kasih imbalan bagi siapa yang menemukan. Ini perahu bantuan dari DKP pada 2021 lalu,” kata ipar korban, Septian Datau, menghubungi Hargo.co.id, Selasa, 02/08/2022, melalui pesan WhatsApp.

Septian Datau mengungkapkan, peristiwa ini sudah dilaporkan ke Polres Boalemo. Ia berharap, polisi menemukan pencurinya. Sebab, pihaknya menduga kuat, perahu milik tersebut, hilang dicuri orang.

“Kalau hanyut, tidak mungkin. Karena ada jangkar di bagian depan dan di belakang perahu. Mesin juga pakai gembok, biar aman,”ujar Septian Datau, seraya menambahkan, terakhir kali digunakan perahu tersebut, pada Kamis, 28/07/2022. 

Lebih lanjut ia menceritakan, setiap hari iparnya pergi menangkap ikan tuna di rumpon. Kalau belum musim, terkadang pergi mencari ikan batu, guna memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Namun, dengan adanya peristiwa yang menimpa saat ini, saudaranya belum beraktifitas.

Kapolres Boalemo, AKBP Deddy Herman, S.I.K, melalui Kasat Reskrim IPTU Saiful Kamal, S.T.K.,S.I.K, yang dikonfirmasi Hargo.co.id, pada Selasa, 02/08/2022, membenarkan, laporan masuk perihal hilangnya perahu bantuan dari DKP itu.

“Ya benar, sore tadi baru saya terima laporannya. Kami bantu proses,”kata Kasat Reskrim Polres Boalemo. (***)

 

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 413 times, 6 visits today)

Komentar