Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



 Persiapan Umat Hindu, Jelang Hari Raya Nyepi

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Metropolis , pada Jumat, 16 Maret 2018 | 10:39 Tag: ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Menyambut perayaan hari raya Nyepi, segenap umat Hindu di Kota Gorontalo mulai melakukan persiapan. Salah satunya membuat ogoh-ogoh. Perayaan Nyepi tahun ini untuk memperingati perayaan Tahun Baru Caka dengan mengusung tema “Melalui Catur Brata Penyepian Kita Tingkatkan Soliditas Sebagai Perekat Keberagaman Dalam Menjaga Keutuhan NKRI”.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Gorontalo, I Made Astawa, mengungkapkan, umat Hindu yang ada di Kota Gorontalo sendiri akan merayakan Hari Raya Nyepi di Pura yang berada di Kompi B Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo. Karena di Kota Gorontalo umat Hindu belum memiliki tempat ibadah, “Jadi kami masih menumpang di Pura Kompi B Telaga,” kata Astawa.

Astawa juga menjelaskan, dalam Perayaan Nyepi sendiri ada empat yang akan di lakukan oleh umat Hindu diantaranya, pertama Amati Geni artinya tidak menyalakan api yaitu api secara kasat mata yang dapat dilihat seperti tidak memasak di dapur, maupun api dalam tubuh tidak melakukan atau memancing kemarahan; lalu Amati Karya yang artinya tidak melakukan aktivitas seperti bekerja; kemudian Amati Lelungan artinya tidak bepergian atau keluar dari pekarangan rumah masing-masing; dan Amari Lelangunan yang artinya tidak membunyikan alat musik bunyi-bunyian dan tidak melihat hiburan.

Astawa sangat menaruh harapan besar kepada Pemerintah Kota Gorontalo untuk memberikan ruang kepada Umat Hindu agar bisa membangun pura sebagai tempat ibadah umat Hindu. Saat ini, kata Astawa, penganut agama Hindu di Kota Gorontalo sudah mencapai 500 jiwa.

Komang Umbara yang juga penganut agama Hindu yang tinggal di kota Gorontalo mengatakan, dirinya sangat bangga dengan kehidupan toleransi beragama yang ada di Kota Gorontalo, “Saya merasa aman, tetangga pun juga ramah dan saling menghormati,” kata Umbara. Bagi Umbara, perayaan Nyepi tahun ini hampir sama dengan perayaan Nyepi tahun sebelumnya dengan harapan menjadi lebih bagi lagi dari segi ekonomi dan kesehatan.(tr-59)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar