Jumat, 20 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tunggu SK Kemenhub, Terminal Dungingi  Siap Beroperasi

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Jumat, 16 Maret 2018 | 10:51 Tag: ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id  – Setelah lama dinanti, terminal angkutan darat yang berada di Kecamatan Dungingi rencananya akan beroperasi di tahun ini. Terminal yang memiliki luas 3,9 Hektar dan memakan anggaran miliaran rupiah itu mulai difungsikan secara bertahap. Dari pantauan Gorontalo Post, sudah ada beberapa bis angkutan mulai terparkir di seputaran terminal. Bahkan kantor terminal Dungingi tersebut mulai difungsikan.

Dikonfirmasi koordinator satuan Pelayanan Tipe A Dungingi, Hartono Hasan, mengatakan, keberadaan bis yang terparkir di seputaran terminal merupakan titipan dari terminal Andalas. “Untuk mengantisipasi agar gedung tidak rusak. Kami mulai memanfaatkan gedung ini.

Sebagian ASN yang ada di Dinas Perhubungan Kota Gorontalo melakukan aktivitas kerja disini sejak bulan Maret tahun lalu. Total ada 26 pegawai yang sudah berkantor disini,” ucap Hartono. “Hanya saja oprasional untuk angkut penumpang itu masih di terminal Andalas,” sambung Hartono.

Menurut Hartono, para pengusaha angkutan yang ada di Andalas sudah bersedia untuk direlokasi di tempat yang baru. “Alhamdulillah, mereka menerima untuk di pindah di Dungingi,” beber Hartono.

Terpisah, kepala Dinas Perhubungan Kota Gorontalo, Iskandar Moerad mengungkapkan pemerintah Kota Gorontalo masih menunggu Surat Keputusan (SK) dan berita acara serah terima operasional dari Kementerian Perhubungan RI. “Terminal Dungingi masuk dalam tipe A sehingga berdasarkan UU Nomor 23 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, terminal Dungingi ini akan dikelola oleh pemerintah pusat. Tinggal menunggu SK-nya,” ucap Iskandar.

Menurut dia, Pemkot saat ini sudah memenuhi kewajiban-kewajiban dan persyaratan operasional terminal sebagai syarat untuk di serahkan kepada Kementerian Perhubungan yakni Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXI Provinsi Gorontalo. “Tahun ini akan dioperasikan. Tinggal menunggu informasi dari Kementerian Perhubungan,” Tandas Iskandar.(tr-59)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar