Kakanwil BPN Provinsi Gorontalo, Erry J. Pasoreh, ketika diwawancarai wartawan disela-sela kegiatan Review PTSL 2022 dan Percepatan PTSL 2023 yang dirangkaikan dengan sosialisasi Inpres tentang percepatan PTSL yang diselenggarakan di Ball Room Hotel Aston Gorontalo, Rabu (18/1/2023). (Foto: Istimewa)

PTSL 2022, Kanwil BPN Gorontalo Capai 100 Persen

Advertorial

Hargo.co.id, GORONTALO – Hebat. Itulah kata yang pantas dianugerahkan untuk Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Gorontalo dalam pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2022. Ya, Kanwil BPN Gorontalo yang saat ini dikomandani Erry J. Pasoreh itu, sukses memenuhi target PTSL yang diberikan pemerintah pusat.

“Tadi sudah disampaikan ibu Direktur Pengaturan Pendaftaran Tanah dan Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang, ibu Andi Tenri Abeng, kami Kanwil BPN Gorontalo menjadi salah satu daerah yang PTSL nya capai 100 persen,” ucap Erry ketika diwawancarai sejumlah wartawan disela-sela kegiatan Review PTSL 2022 dan Percepatan PTSL 2023 yang dirangkaikan dengan sosialisasi Inpres tentang percepatan PTSL yang diselenggarakan di Ball Room Hotel Aston Gorontalo, Rabu (18/1/2023).

banner 728x485

Untuk memenuhi target PTSL yang diberikan, kata Erry, pihaknya banyak melakukan upaya-upaya strategis. Diantaranya, ucap Erry, gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pentingnya kepastian hak kemepilikan bidang tanah. Upaya lainnya, lanjut Erry, adalah terus membangun koordinasi, komunikasi dan kolaborasi dengan pihak-pihak terkait.

“Jujur, aparat kami terbatas. Nah, untuk mengatasi hal itu kami berkoordinasi dengan pemerintah desa, karena mereka mengetahui wilayah dan bidang tanah yang belum mengantongi sertipikat. Berkat koordinasi inilah membuat kami bisa mencapai target,” beber Erry.

Erry menambahkan, capaian PTSL 2022 akan dijadikan pihaknya sebagai motivasi untuk memenuhi target PTSL 2023 yang akan dilaksanakan lebih awal oleh pihaknya.

“Kita akan melakukan start lebih awal pada tahun ini, agar pelaksaan PTSL 2023 tidak lewat dari waktu yang ditentukan. Saya juga berpesan untuk senantiasa menjaga kualitas pekerjaan kita, tidak hanya harus mengejar kuantitas, namun kualitas juga harus selalu dijaga,” katanya.

Dijelaskannya, PTSL pada tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana target yang diberikan oleh Pusat untuk capaian PBT adalah dalam satuan Luasan Hektar. Sedangkan untuk SHAT, tetap dalam satuan bidang. Target PBT desa lengkap seluas 10.603 Hektar dan PBT peningkatan kualitas menuju Kota lengkap seluas 5.095 Hektar.

“Untuk Target SHAT tahun ini sejumlah 8.097 bidang. Oleh karena itu, saya meminta kepada seluruh aparat BPN di Gorontalo untuk segera menyesuaikan dan membuat rencana kerja yang konkret agar target PTSL 2023 pada Kanwil BPN Provinsi Gorontalo dapat selesai dengan cepat dan berkualitas,” pungkasnya.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *