Selasa, 17 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



RSUD Hasri Ainun Habibie Bayar Insentif Nakes Sejak 2021

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 31 Maret 2022 | 02:05 Tag: , , ,
  Foto dokumentasi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat memberikan arahan kepada tenaga kesehatan dan pegawai di lingkup RSUD Hasri Ainun Habibie. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Selaku Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hasri Ainun Habibie (HAH), dr. Fito, menyampaikan bahwa insentif bagi tenaga kesehatan (nakes) di lingkup RSUD AHA sudah dibayarkan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. 

“Harus dipahami dulu bahwa insentif dan jasa nakes itu dua hal yang berbeda. Itu dulu yang harus dipahami. Perlu saya sampaikan bahwa insentif nakes tahun 2021 sudah dibayarkan baik APBN maupun APBD. Provinsi Gorontalo mendapatkan apresiasi dan jadi percontohan nasional karena pembayaran insentif selalu tepat waktu,”ujar dr. Fito, Rabu (30/03/2022). 

Lebih lanjut Direktur RSUD AHA itu menjelaskan, dirinya menilai bahwa isu yang dikemukakan salah satu tokoh politik di Gorontalo itu, merupakan jasa medis yang pada dasarnya tidak bisa disamakan dengan insentif nakes. 

“Kalau yang dimaksud jasa medis, dalam kaitan klaim pelayanan, ini yang belum, karena dari Kementerian Kesehatan itu dibayarkan di akhir Desember 2021, sehingga jadi Silpa Rumah Sakit. Untuk membayarnya, ada mekanisme dan prosedur administrasi yang harus dipenuhi lebih dulu. Insentif Nakes tahun 2022 Petunjuk Teknisnya baru keluar Maret 2022 dan sementara diproses juga, jadi beda antara Insentif Nakes dan Jasa Medis,”jelas dr. Fito. 

Diakhir penyampaiannya dr. Fito menegaskan, bahwa Pemerintah Provinsi Gorontalo selalu memberi perhatian lebih terhadap insentif dan jasa medis di RSUD Hasri Ainun Habibie tersebut. 

“Apresiasi dari pemerintah pusat jadi bukti bagaimana kepedulian dan keseriusan pemerintah, khususnya untuk pembayaran Insentif Nakes dan Jasa Medis di RSUD HAH, dan terkait jasa medis rumah sakit, dalam waktu dekat ini akan membayarkan jasa medis bagi teman di pelayanan,”pungkas dr. Fito. (***) 

 

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 19 times, 1 visits today)

Komentar