Saudi Mendadak Bela Najib , Nyatakan Transferan Rp 8,9 T sebagai Donasi

Kabar Dunia

Hargo.co.id KUALA LUMPUR – Pemerintah Arab Saudi membuat pernyataan yang mengejutkan Kamis (14/4).  Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al Jubeir mengungkapkan bahwa uang USD 681 juta (sekitar Rp 8,9 triliun) yang ditransfer ke rekening Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak adalah murni donasi. Uang tersebut memang berasal dari Saudi, bukan dari 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

”Kami mengetahui donasi tersebut dan itu adalah murni donasi tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Kami juga sepenuhnya mengetahui bahwa jaksa agung Malaysia telah melakukan penyelidikan dan tidak menemukan adanya tindakan yang salah,” ujar Al Jubeir kepada reporter kantor berita Bernama.

banner 728x485

Al Jubeir ditemui pasca melakukan pertemuan bilateral dengan Najib di acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Istanbul, Turki.

Rekaman pernyataan Al Jubeir itu lantas disebarluaskan pemerintah Malaysia di negara mereka sendiri kemarin (15/4). Al Jubeir menambahkan bahwa pemerintah Arab Saudi menganggap masalah itu sudah selesai.

Pernyataan Al Jubeir tersebut tentu berbanding terbalik dengan omongannya ketika skandal 1MBD itu memanas beberapa bulan lalu.

Saat itu Al Jubeir menyatakan bahwa dirinya tidak yakin uang Rp 8,9 triliun yang ditransfer ke rekening Najib adalah donasi politik.

Al Jubeir bahkan dahulu menampik bahwa uang tersebut berasal dari pemerintah Arab Saudi. Melainkan dari warga Saudi secara pribadi.

”Saya yakin uang itu untuk investasi di Malaysia,” ujar Al Jubeir saat diwawancarai The New York Times awal tahun ini. Tidak diketahui motif Al Jubeir sehingga saat ini pernyataannya berubah drastis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *