Senin, 17 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sejumlah OPD di Gorontalo Utara Sudah Melunasi TGR

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 14 Januari 2022 | 22:05 PM Tag: , ,
  Pj. Sekda Gorontalo Utara. Suleman Lakoro

Hargo.co.id, GORONTALO – Hingga saat ini, masih ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Gorontalo Utara (Gorut) masih sibuk melakukan pelunasan Tuntutan Ganti Rugi (TGR). Kendati demikian, sebagian besar sudah dilunasi.

“Hingga saat ini, sebagian besar TGR sudah dilunasi. Walaupun memang masih ada OPD dalam proses pelunasan meskipun mengangsur,” kata Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara, Suleman Lakoro.

Terhadap TGR itu sendiri, Suleman Lakoro menjelaskan bahwa setiap tahun selalu diaudit oleh BPK dan itu sudah merupakan agenda rutin. 

“Nah pada audit 2019, itu ada beberapa item kita yang ditemukan adanya kelalaian dalam pemenuhan administrasi,” jelasnya.

Terhadap temuan tersebut, kata Suleman Lakoro, berdampak pada tuntutan ganti rugi. TGR itu sudah dilaksanakan melalui majelis pertimbangtan TGR, melalui inspektorat dan masing-masing OPD yang mengalami temuan itu sudah mengembalikan secara angsuran.

Untuk aturan dalam hal pengembalian TGR tersebut dari sisi waktu, minimal 2 tahun untuk proses pengembaliannya. 

“Dan untuk Gorontalo Utara sendiri waktunya belum sampai 2 tahun. Sehingga masih ada OPD-OPD yang masih mengangsur TGR mereka. Namun sebagian besar telah melunasinya,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 9 times, 1 visits today)

Komentar