Friday, 24 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Silaturahmi Wagub dan Kades Bahas Masalah Pertanian

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Wednesday, 17 March 2021 | 09:05 AM Tags: , ,
  Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim memberikan sambutan pada silaturahmi bersama para Kepala Desa se Kecamatan Paguyaman, di aula Kantor Desa Saripi, Kabupaten Boalemo, Senin (15/03/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Bertempat di aula Kantor Desa Saripi, Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo, Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan para Kepala Desa (Kades) yang ada di Kecamatan Paguyaman, Senin (15/03/2021).

Pada silaturahmi itu, para Kades menyampaikan beberapa aspirasi, utamanya terkait dengan persoalan yang dihadapi petani, di antaranya jagung yang gagal panen, sulitnya memperoleh pupuk bersubsidi, hingga persoalan pemasaran beras lokal.

Menanggapi hal tersebut, Wagub meminta kepada para Kades untuk melaporkan kondisi yang dialami petani kepada Dinas Pertanian Kabupaten Boalemo, yang nantinya akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo untuk menangani dan mencari solusi terkait kesulitan yang dihadapi petani.

“Kendala di pertanian ini banyak sekali, mulai dari pengolahan lahan, sarana produksi seperti pupuk dan bibit, pemberantasan hama, termasuk dalam pasca panen. Seperti halnya soal pupuk bersubsidi, Pemprov Gorontalo terus membahasnya untuk mencari solusi agar petani bisa memperoleh pupuk bersubsidi ini,”kata H. Idris Rahim.

Lebih lanjut Idris Rahim mengungkapkan, meski demikian sektor pertanian tetap menjadi prioritas Pemprov Gorontalo. Menurutnya hal ini sangat beralasan karena lebih dari 39 persen potensi Gorontalo ada pada sektor pertanian.

“Saya optimis jika pertanian ini kita sentuh dengan baik, pasti masyarakat bisa sejahtera. Butuh kerja keras dan kerja sama mulai dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, hingga tingkat Desa/Kelurahan untuk mewujudkan pertanian Gorontalo yang maju. Yang terpenting, kita juga mengharapkan kemandirian masyarakat,”ungkap H. Idris Rahim.

Pada akhir pertemuan itu Wagub berharap silaturahmi tersebut bisa terus dipupuk dan terjaga demi suksesnya penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pelaksanaan program pembangunan, serta pelayanan kepada masyarakat yang semakin prima. Wagub mengibaratkan silaturahmi sebagai tali yang paling kuat yang tidak akan lapuk oleh panas dan hujan.

“Tali kapal yang besar saja bisa lapuk oleh panas dan hujan, tetapi tali silaturahmi jika dipupuk terus, tidak akan putus sepanjang masa,”pungkas H. Idris Rahim.(zul/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar