Friday, 24 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sudah Lima Tahun Jalan Ini Dikeluhkan Warga

Oleh Admin Hargo , dalam Headline Metropolis , pada Monday, 6 September 2021 | 16:05 PM Tags: ,
  Plang peringatan yang dibuat oleh warga setempat agar pengendara berhati-hati saat melintas di jalan ini. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Kerusakan ruas jalan di sejumlah titik di Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo mulai dikeluhkan warga setempat. Pasalnya, kondisi Jalan A.K Luneto tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga mengganggu aktivitas warga.

Pantauan Hargo.co.id di lapangan, kerusakan parah terjadi di sejumlah titik di perbatasan Desa Ombulo dan Huidu, Tunggulo dan Huidu, Tenilo dan Huidu. Kondisi jalan yang berlubang membuat pengendara harus berhati-hati ketika melewati jalan tersebut. 

Padahal, jalan tersebut banyak dilintasi pengendara roda dua serta roda tiga (bentor). Bahkan, beberapa mobil yang berkapasitas besar tak jarang juga melintasi jalan tersebut. Beberapa warga menuturkan, mereka lebih memilih jalan itu karena bisa menghemat waktu perjalanan. 

Lauhan Detu, Warga Desa Ombulo, Kecamatan Limboto Barat berharap pemerintah daerah bisa secepatnya memberikan perhatian terhadap jalan yang saat ini rusak parah. Menurutnya, jalan tersebut harus segera diperbaiki karena menjadi salah satu kebutuhan masyarakat.

Kondisi Jalan berlubang dan menciptakan kubangan air di musim penghujan, dikeluhkan warga Setempat. (Foto: Istimewa)
Kondisi Jalan berlubang dan menciptakan kubangan air di musim penghujan, dikeluhkan warga Setempat. (Foto: Istimewa)

“Saya rasa yang harus memperhatikan jalan begini adalah pemerintah daerah. karena ini rananya mereka. Saya berharap ini sesegera mungkin dapat ditindak lanjuti. Semakin lama dibiarkan rusak begini, maka akan ada korban nantinya,” beber Lauhan.

Flawin Cili Kumai, Kepala Dusun IV desa Huidu menuturkan, dirinya juga sempat memasang plang peringatan bagi pengendara agar berhati-hati saat melintas di jalan tersebut. 

“Saya yang pasang papan pengenal itu. Itu biar pengendara tahu bahwa jalan itu sedang rusak,” tutur Flawin Cili Kumai. 

Kepala Desa Huidu, Muhtar AM Mohune mengatakan, kondisi jalan seperti ini sudah terjadi hampir lima tahun. Menurutnya, pekerjaan jalan khususnya di Desa Huidu ini hanya dikerjakan setengah-setengah.

Dirinya, lanjut Muhtar AM Mohune, sudah sering menerima keluhan warga terkait jalan tersebut. Tak sampai di situ, Warga bahkan sampai mengeluhkan hal ini ke pemerintah daerah agar jalan ini bisa secepatnya diperbaiki. 

“Mereka warga ini sering menyampaikan ini juga lewat stasiun Radio. Ada juga yang menyampaikan ke anggota dewan yang wilayah dapilnya di sini,” kata Muhtar AM Mohune. 

Semetara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Gotontalo, Romi Sahrain mengatakan, Jalan tersebut memang sudah lama menjadi perhatian pemerintah daerah dan akan segera diperbaiki tahun ini. 

“Secepatnya pihak penyedia akan memulai kegiatannya. Karena, kontrak sudah ditandatangani dan uang muka juga akan segera dicairkan. Bulan September ini sudah mulai pekerjaan,” kata Romi Sahrain. (***) 

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 190 times, 1 visits today)

Komentar