Selasa, 24 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tak Dapat Pupuk Bersubsidi, Petani Mengadu ke DPRD 

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Rabu, 19 Januari 2022 | 00:05 Tag: , ,
  Para petani yang didampingi Kades Tridarma Kecamatan Pulubala, saat mendatangi Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Gara-gara tak mendapat pupuk bersubsidi sejumlah petani yang tergabung dalam Kelompok Tani dari Desa Tridarma, Pulubala mengadu ke DPRD Kabupaten Gorontalo. Mereka datang ke DPRD guna mendapat solusi terkait dengan pupuk bersubsidi.

Ketua Kelompok Tani Mohulo Jaya, Iswanto Kasim menjelaskan, kedatangan mereka ke Komisi I dalam rangka meminta solusi. Pasalnya mereka tidak bisa mengambil pupuk bersubsidi, karena nama mereka tidak tercantum pada Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK).

“Memang setiap tahun itu ada pembaharuan RDKK. Sebelumnya kami telah konfirmasi dengan PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan), katanya data para petani untuk 2022 sudah fix. Namun tiba saatnya di 2022, kami sebanyak 3 kelompok tidak keluar data RKK-nya,” jelas Iswanto. 

Iswanto mengatakan, pihaknya mempertanyakan kenapa nama mereka tidak keluar sementara kelompok yang dipimpinnya sudah terbentuk sejak 2007 lalu. Alasan PPL kata Iswanto, saat penginputan nama mereka ke RDKK mengalami kendala jaringan.  

“Apakah penginputan selama tiga bulan jaringannya eror? kan tidak mungkin,” imbuh Iswanto. 

Iswanto mengungkapkan, dengan adanya permasalahan tersebut ratusan hektar lahan tidak bisa menanam jagung selama satu tahun. Pasalnya, data RDKK berlaku selama setahun. 

“Sehingga kami datang kesini (DPRD) untuk meminta solusi, sebab ini merupakan kebutuhan kami,” tutur Iswanto.

Sementara itu Ketua Komisi I, Syarifudin Bano mengaku akan menggelar rapat dengar pendapat dalam waktu dekat ini bersama instansi terkait. “Dalam waktu dekat ini kita Komisi I akan mengagendakan RDP bersama dinas terkait,” tandas Syarifudin. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 35 times, 1 visits today)

Komentar