Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tak Hanya CPO, Harga Minyak Goreng Kampung Juga Alami Kenaikan

Oleh Admin Hargo , dalam Ekonomi , pada Kamis, 7 April 2022 | 21:05 Tag: , ,
  Minyak Goreng Kampung

Hargo.co.id, GORONTALO – Kenaikan harga minyak goreng jenis Crude Palm Oil (CPO) ternyata juga mulai berpengaruh terhadap harga jual minyak Goreng Kampung. Minyak Goreng yang dibuat secara tradisional oleh warga ini diduga mulai kesulitan bahan baku.

Informasi yang dihimpun Hargo.co.id dari sejumlah pedagang di pasar Sentral Kota Gorontalo, harga minyak kampung mengalami kenaikan hingga Rp. 22.000 per botol berukuran 600 ml. Padahal, sebelum kenaikan harga minyak Goreng CPO, satu botol minyak kampung hanya dijual Rp 18.000.

Ibu Sarintan (46), salah seorang penjual di Pasar Sentral Kota Gorontalo mengatakan, kenaikan harga minyak goreng tersebut tidak membuat pembeli jadi berkurang. Hal tersebut dapat dilihat dari stok minyak goreng kampung yang selalu laris setiap pekannya.

“Minat pembeli itu sendiri tetap banyak dan tidak pernah berkurang setiap minggu. Dalam satu bulan saya menjual kurang lebih 300 botol. Dan itu selalu habis terjual,” kata Ibu Sarintan.

Dari hasil penjualan minyak goreng kampung, kata Ibu Saritan, dirinya bisa meraup keuntungan mencapai Rp 2 juta setiap bulannya.

“Kalau keuntungan yang kami peroleh tidak menentu, akan tetapi untuk pendapatan yang akan kami dapatkan pada setiap bulannya dengan modal Rp 3 juta dan untungnya sebesar Rp2 Juta,” Ungkap Ibu Sarintan.

Sementara itu, Sri Ayumi, seorang pembeli di pasar sentral kota Gorontalo mengaku membeli minyak Goreng kampung sebagai alternatif minyak goreng CPO yang saat ini menurutnya sulit didapatkan. 

“Untuk harga Rp 22.000 tersebut masih terhitung murah karena dengan harga demikian kami sudah bisa memperoleh Minyak Goreng Kampung dengan ukuran 600 ml dan tanpa perlu mencari ke mana-mana, apa lagi saat ini Minyak Goreng  susah di dapatkan,” kata Sri Ayumi. (***)

 

Penulis : Moh. Syahrin S. Ayahu

(Visited 48 times, 1 visits today)

Komentar