Tentukan Kebijakan, Desy: Regulasi Harus Jadi Rujukan

×

Tentukan Kebijakan, Desy: Regulasi Harus Jadi Rujukan

Sebarkan artikel ini
AKD
Ketua DPRD Gorontalo Utara, Deasy S.M Datau. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Dalam mengambil kebijakan yang akan dilaksanakan untuk pengelolaan keuangan daerah, eksekutif harus merujuk pada regulasi.

badan keuangan

Demikian penyampaian Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Desy S.M Datau saat berbincang dengan awak media belum lama ini.

“Yang pasti jika eksekutif mengambil kebijakan terhadap pengelolaan¬†keuangan daerah, itu harus mengacu pada regulasi yang berlaku,”¬†tegasnya.

badan keuangan

Dijelaskan oleh srikandi PDIP tersebut, setiap anggaran yang telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) ada mereknya dan juga peruntukannya telah ditetapkan.

“Sehingga, ketika ini dijalankan harus sesuai dengan peruntukannya dan tidak boleh dibelanjakan untuk hal lainnya,” jelas Desy.

Dalam APBD, kata Desy, sangat jelas mana anggaran yang berasal dari DAU dan mana yang berasal dari DAK.

Example 300250

“Yang peruntukannya juga tentu telah ditetapkan baik melalui APBD dan ada juga memang peruntukannya memang telah ditetapkan dari pusat seperti DAU untuk P3K,” ujarnya.

Desy mengingatkan kepada eksekutif agar jangan salah mengambil tindakan dalam pengelolaan keuangan, karena regulasinya saat ini sangat jelas dan juga pengawasannya ketat.

“Saya sudah lupa daerah mana yang mengambil kebijakan secara sepihak terhadap anggaran yang bersumber dari DAU, mereka menggunakan dulu nanti belakangan baru melapor. Dan konsekuensinya jelas, pemerintah pusat tidak mengabulkan, bahkan memberikan punishment terhadap daerah tersebut,” kata Desy.

Tentunya hal ini harus dihindari terjadi di Gorut kata Desy, dan terhadap profesionalisme pengelolaan keuangan daerah itu harus dimaksimalkan.(*)

Penulis: Alosius M. Budiman



hari kesaktian pancasila