Kepala Dinas PMD Admindukcapil Provinsi Gorontalo, Slamet S.K Bakri saat menerima kunjungan dari anggota Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo di ruang kerjanya, Rabu (18/1/2023). Foto: Sucipto Mokodompis/HARGO

Terima Kunjungan Komisi IV Deprov, Kadis PMD-Admindukcapil Usul Pegadaan Alat Perekam KTP-EL

Gorontalo

Hargo.co.id, GORONTALO – Dinas PMD-Admindukcapil Provinsi Gorontalo menyatakan kesiapan untuk mendukung suksesnya pelaksanaan penuh pemilu serentak pada 2024 mendatang. Dukungan tersebut dilakukan dari sisi administrasi dengan menyiapkan KTP elektronik bagi seluruh wajib pilih yang ada di daerah itu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas PMD Admindukcapil Provinsi Gorontalo, Slamet S.K Bakri usai menerima kunjungan dari Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo di ruang kerjanya, Rabu (18/1/2023). Melalui pertemuan tersebut, dirinya menyampaikan beberapa aspirasi terkait program yang akan dilaksanakan di 2023.

banner 728x485

“Dalam kunjungan kami sempat menyuarakan berbagai program kegiatan yang akan kami laksanakan di tahun 2023 ini. Tak bisa dipungkiri bahwa suksesnya berbagai program ini tidak lepas dari koordinasi maupun dukungan anggaran. Itu sudah kami sampaikan ke Komisi IV tadi,” kata Slamet S.K Bakri usai menerima kunjungan tersebut.

Dirinya mengungkapkan, dari beberapa program yang diagendakan itu, salah satu yang menurutnya penting adalah terkait alat perekam KTP elektronik yang merupakan tugas dinas PMD Adminduk Capil ini untuk melengkapi ketersediaan fasilitas tersebut.

Slamet S.K Bakri menjelaskan, alat perekam KTP elektronik tersebut sangat penting untuk mendukung suksesnya Pemilu dari sisi administrasi, sebab KTP elektronik sangat dibutuhkan masyarakat sebagai salah satu syarat dalam menggunakan hak suara.

“Sukses pemilu ini berkaitan dengan KTP elektronik karena masyarakat yang menerima undangan saat pemilu serentak itu adalah yang memiliki KTP elektronik. Maka melalui komisi IV kami menyampaikan aspirasi agar alat perekam KTP elektronik ini dapat disiapkan oleh pemerintah Provinsi Gorontalo,” katanya menerangkan.

Dirinya mengatakan, alat perekaman KTP elektronik tersebut sangat dibutuhkan memang untuk melengkapi kebutuhan masyarakat provinsi Gorontalo yang jumlahnya terus meningkat setiap tahun. Tahun 2020 kemarin, pihaknya menghibahkan alat perekaman KTP elektronik tersebut ke Kabupaten Gorontalo sebagai daerah yang memiliki jumlah penduduk cukup tinggi.

“Tahun 2023 dan 2024 ini kami sangat mengharapkan itu. Tentunya ini untuk mendukung kelancaran pemilu, melalui ketersediaan alat perekam KTP elektronik. Apabila disertai dengan dukungan anggaran, maka tentu kami akan lebih maksimal dan akan lebih mudah dalam mensukseskan agenda kegiatan sebagaimana yang sudah kami sampaikan ke komisi IV,” Slamet S.K Bakri.

Apa yang disampaikan oleh Slamet S.K Bakri tersebut ditanggapi positif oleh Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo, Oktohari Dalanggo dan Indri Monoarfa. Keduanya memahami bahwa pengadaan alat Perekaman KTP elektronik ini merupakan bagian dari persiapan menghadapi pemilu serentak.

“Kunjungan kami kemari dalam rangka pengecekan di dinas PMD dan dukcapil untuk program 2023, terutama persiapan menghadapi pemilu serentak, dalam hal ini persiapan dukungan dari dukcapil tentang KTP yang biasa di permasalahkan dimana-mana,” kata Oktohari Dalanggo.

Dirinya mengatakan, Provinsi harus bisa memfasilitasi alat perekaman KTP elektronik yang ada di kabupaten kota di Gorontalo. Terkait hal itu, dirinya akan berkoordinasi dengan Pimpinan DPRD untuk mengalokasikan anggaran guna pengadaan alat tersebut.

“Nanti akan dikoordinasikan dengan pimpinan. Paling tidak ada tiga mesin untuk kita adakan dalam waktu terdekat. Apalagi Gorontalo ini pernah menjadi juara satu tingkat nasional pada saat pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 kemarin. Reputasi ini harus bisa kita pertahankan di tingkat nasional,” Pungkasnya.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *