Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Pembangunan Puskesmas Mananggu, Tak Ada Penambahan Anggaran 

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo , pada Rabu, 19 Januari 2022 | 08:05 Tag: , ,
  Kondisi proyek bangunan Puskesmas Mananggu, saat kunjungan Komisi III DPRD Boalemo. (Foto : Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Boalemo, Sutriyani Lumula, buka suara terkait pembangunan gedung Puskesmas Mananggu yang hingga kini belum selesai. Yang mana, hal ini sempat disoroti oleh Komisi III DPRD Boalemo, ketika melakukan monitoring di Mananggu, beberapa hari lalu.

Kepada Hargo.co.id, Selasa, (18/01/2022), Sutriyani Lumula mengatakan, ada pemberian kesempatan kerja pada pembangunan yang menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) 2021 tersebut. Ia mengatakan, pemberian kesempatan kepada pihak ketiga (kontraktor), yakni selama 50 hari kalender.

“Namun untuk anggarannya, sudah tak ada lagi, itu kan anggaran DAK 2021. Apabila pihak ketiga tetap tidak mampu menyelesaikannya, maka pasti ada konsekuensinya. Salah satunya, tentu perusahaan terkait akan di-blacklist, atau masuk dalam daftar hitam,”jelas Kadis Kesehatan, di ruang kerjanya.

Tak saja itu, di samping ada pemberian kesempatan, lanjutnya, pihak perusahaan juga diwajibkan membayar denda keterlambatan kerja, sebesar 1/1.000 dari nilai kontrak. Diketahui nilai kontrak yang tertera pada papan proyek, yakni sebesar Rp. 5.992.905.286.63. Pihak ketiga, adalah PT. Hanum Bangun Nusantara.

“Kita di dinas teknis, berharap yang terbaik. Semoga pihak ketiga mampu menyelesaikan pembangunan sesuai waktu yang diberikan,” harapnya.

Terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Boalemo, Feri Maulidi, ketika dikonfirmasi menuturkan, tak ada yang salah dengan proses tender terkait proyek gedung puskesmas tersebut. Semua berjalan sesuai prosedur, untuk administrasi katanya, lengkap. Pihak perusahaan juga dinilai berpengalaman. Sehingga ditetapkan sebagai pemenang tender.

“Kita tunggu saja bagaimana penyelesaiannya. Tugas kami sudah dilaksanakan dengan baik, dari awal proses dan hingga menetapkan siapa pemenangnya. Semua proses pelelangan, berjalan sesuai prosedur dan mekanisme yang ada,” pungkasnya. (***)

 

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 253 times, 1 visits today)

Komentar