Kamis, 11 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Video yang Viral, YL: Bukan Transaksi, Tapi Pinjaman

Oleh Admin Hargo , dalam Headline Metropolis , pada Selasa, 26 Juli 2022 | 20:05 Tag: , , , , ,
  Salah satu adegan dalam video tersebut antara YL dan SR yang beredar di masyarakat. (Foto: Istimewa/Tangkapan Layar)

Hargo.co.id, GORONTALO – Viralnya video yang berisi dugaan transaksi antara salah seorang pejabat di Unit Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Gorontalo Utara, berinisial YL dengan salah seorang Sespri Bupati Gorontalo Utara (Gorut) SR, akhirnya diklarifikasi. Kepada media ini, YL mengungkapkan jika itu bukan transaksi, namun hanya terkait pinjaman. 

Sebelum berita diturunkan, sempat dilakukan konfirmasi kepada YL melalui pesan whatsapp dan belum dijawab hingga berita diturunkan pada Senin (25/7/2022). Nanti ada pada Selasa (26/7/2022) pukul 07.47 Wita, YL menyampaikan klarifikasi melalui pesan whatsapp. YL membantah jika jika peristiwa dalam video tersebut terkait transaksi. 

“Bukan transaksi, tapi pinjaman,” tulisnya melalui pesan whatsapp. 

Lebih lanjut dijelaskan, terkait dengan waktu pengambilan video tersebut bahwa itu terjadi beberapa bulan yang lalu. 

“Kejadian di video itu terjadi sekitar sepuluh bulan yang lalu,” jelasnya.

YL menerangkan bahwa pada waktu itu, SR menghubungi dirinya untuk dibantu mencarikan pinjaman uang. 

“Waktu itu saudara pipit menghubungi saya untuk dipikirkan dan dibantu cari pinjaman,” jelasnya.

Terhadap pinjaman tersebut, YL menjelaskan dalam pesan tersebut bahwa telah dikembalikan sebagian. 

“Saya akui itu sudah sebagian dikembalikan,” jelasnya. 

Selain menjelaskan perihal isi dalam video tersebut, YL juga balik bertanya kepada awak media ini terkait dengan asal video tersebut. Dirinya menambahkan jika media lain menghubungi tapi dirinya harus mengklarifikasi lewat media ini terlebih dulu. 

“Pertanyaan saya dari mana bapak dapat video tersebut? Atas berita ini media lain menghubungi saya tapi saya harus klarifikasi melalui media ini,” tulis YL.

Tak puas hanya dengan penjelasan lewat pesan whatsapp, wartawan media ini kemudian menghubungi YL untuk bertemu dan mewawancarai langsung yakni pada pukul 1102 Wita. YL bersedia untuk ditemui dan akan membagikan lokasi pertemuan. Selang beberapa waktu kemudian yakni pada pukul 11.53 Wita saat dihubungi, YL menerangkan bahwa dirinya saat ini sedang berada di rumahnya, dan sedang menunggu pihak berwajib yang akan datang bertemu dirinya untuk dimintai konfirmasi atau keterangan terkait dengan video tersebut.

Pukul 12.28 Wita saat dihubungi lagi, yang bersangkutan menginformasikan bahwa dirinya sedang berada di Polda dan akan menghubungi awak media ini nanti. Wartawan media ini kemudian mendatangi Polda Gorontalo dan mengecek secara langsung keberadaan YL. Namun saat dicek, YL tidak berada di ruang Reskrimum maupun Reskrimsus Polda Gorontalo. 

Sayangnya hingga pukul 18.28 Wita, YL tidak menjawab telepon dan hanya mengirim pesan whatsapp yang menegaskan bahwa untuk lokasi kejadian bukan di blok plan. 

“Iya muat saja berita hak jawab saya malam ini. Tapi yang pasti lokasinya bukan di blok plan,” tulisnya melalui pesan whatsapp.

Lain halnya SR, tidak ada informasi apapun yang diperoleh, setelah awak media ini mencoba hampir seharian menghubungi nomor telepon miliknya. Namun, SR tak menjawab telepon. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 566 times, 2 visits today)

Komentar