ramadan2024

ramadan2024

Ternyata Bra Sudah Melalui Proses 10x Perkembangan

×

Ternyata Bra Sudah Melalui Proses 10x Perkembangan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi

Hargo.co.id – Asal usul model bra semula berasal dari Yunani kuno dimana pada masa itu wanita menggunakan kain dari wol atau linen untuk membungkus payudara mereka yang diikat ke punggung.

hari kesaktian pancasila

Namun seiring perkembangan zaman, dilansir Mirror, perkembangan model bra disesuaikan dengan kebutuhan wanita dan fesyen yang tengah berkembangPada tahun 1889, bra diluncurkan. Disebut dengan korset buatan wanita asal Perancis, Herminie Cadolle yang membagi korset menjadi dua bagian.

Dia menambahkan tali pada bagian atas untuk menopang bahu sedangkan bagian bawah masih berfungsi sebagai korset untuk pinggang. Pada tahun 1905 bagian atas dijual secara terpisah dan dua tahun kemudian kata “bra” mulai digunakan.

Example 300250

Pada 1914, bra modern mulai dibuat ketika tahun 1914 warga Amerika, Mary Phelps Jacob meluncurkan model baru dengan saputangan berbahan sutra dan pita sutra ketika ia tidak mempunyai pakaian dalam saat sedang memakai gaun malam. Justru ini menjadi penemuan terbaru cikal bakal bra diproduksi dalam jumlah massal.

Pada 1920, gadis di era ini justru menginginkan bentuk payudara rata seperti anak – anak. Sehingga pada 1926, Mark dan Spencer meluncurkan bra pertama mereka dengan versi yang diinginkan khalayak. Pada 1930, bra satu ukuran dirasa sudah tidak memungkinkan bagi payudara wanita. Pada masa ini bra dibuat dengan berbagai ukuran dari A – D dengan pengait di bagian belakang.

Pada 1940, seorang sutradara film Howard Hughes merancang bra baja untuk Jane Russell dalam film The Outlaw. Bra yang dikenal sebagai bra peluru ini diadopsi oleh aktris Hollywood seperti Lana Turner, Marilyn Monroe dan Jayne Mansfield.

Ramadhan 2024

Pada 1950, berbagai merk bra mulai bermunculan seperti Maidenform, Berlei, Triumph dan Marks and Spencer. Bentuknya lebih empuk dengan pola kerucut. Pada 1960, seorang warga negara Kanada, Louise Poirier memodifikasi bra menjadi bentuk yang lebih menarik dengan menonjolkan belahan payudara. Hal itu merevolusi industri dan cara perempuan berpikir tentang bra mereka.
Bra ini memungkinkan pilihan yang lebih nyaman bagi wanita dengan pakaian yang lebih ketat.

Pada 1970, di era ini bra olahraga (sport bra) mulai diluncurkan. Pada tahun 1977 Marks and Spencer meluncurkan bra Scanlace segitiga. Hanya dalam 18 bulan penjualan melebihi lebih dari satu juta. Wanita di era ini gemar meningkatkan gaya hidup berolahraga. Hal ini dibidik produsen sebagai pasar yang besar.

Pada 1980, bra mulai dimodifikasi menjadi aksesoris yang berada diluar pakaian. Seperti dress atau lingerie. Selain itu pada tahun 1983, bra untuk dress punggung terbuka (backless) mulai dikembangkan Pada 1990, model bra diinspirasi oleh gaya berpakaian artis cantik Madonna. Selain itu model bra kerucut yang sering populer di tahun 1940an juga kembali menjadi trend.

Pada 2000 hingga saat ini, perkembangan payudara wanita meningkat rata – rata menjadi 36D. Sehingga produsen fokus mengembangkan improvisasi. Ukuran bra juga ditingkatkan dari A sampai K. (ris/JPG/hargo)



hari kesaktian pancasila