Kamis, 6 Oktober 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ternyata Sangat Dahsyat, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Petai

Oleh Admin Hargo , dalam LifeStyle , pada Kamis, 22 September 2022 | 10:05 Tag: , , , , ,
  Ilustrasi, petai. foto: iStockPhoto

Hargo.co.id, JAKARTA – Tak dimungkiri, banyak yang khawatir akan mengalami bau mulut setelah memakannya sayuran petai yang bernama latin Parkia speciosa ini.

Namun, sebenarnya banyak nutrisi dalam petai yang baik untuk tubuh. Bahkan karena hal ini juga petai kerap dimanfaatkan sebagai bahan untuk obat tradisional.

Pasalnya, kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gram petai, yakni: Air: 77,2 gram; Energi: 92 kalori; Protein: 5,4 gram; Lemak: 1,1 gram; Karbohidrat: 15,2 gram; Serat: 2,0 gram; Kalsium: 14 miligram; Fosfor: 170 miligram; Natrium: 55 miligram; Kalium: 221,0 miligram.

Selain itu, petai juga mengandung mineral lainnya seperti karoten, vitamin B kompleks, vitamin C, dan niasin yang punya manfaat tak kalah penting untuk kesehatan tubuh.

Berikut 5 manfaat petai untuk kesehatan seperti yang dilansir GenPI.co, Kamis (22/9):

1. Mengendalikan Gula Darah

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari University College of Medical Science di Malaysia menyebutkan petai ternyata memiliki potensi untuk mengontrol kadar gula darah.

Studi tersebut menunjukkan, ekstrak kloroform petai dapat menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan pada tikus-tikus yang mengalami diabetes.

Hal ini bisa terjadi karena adanya kandungan beta-sitosterol dan sitgmasterol yang bekerja bersama.

2. Efek Menenangkan

Petai ternyata bisa memberikan manfaat untuk suasana hati. Hal ini mungkin saja terjadi berkat adanya kandungan triptofan dalam petai.

Triptofan termasuk asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh agar bisa menjalankan fungsinya.

Oleh Karena tidak dapat diproduksi sendiri, Genpiple harus mendapatkannya dari sumber lain seperti makanan atau suplemen.

Zat ini biasanya digunakan untuk menangani masalah yang berkaitan dengan gangguan psikologis seperti kecemasan, perubahan emosi yang drastis, dan insomnia.

Konsumsi makanan yang mengandung triptofan seperti petai dapat membantu memberikan efek menenangkan yang alami serta membantu meningkatkan kualitas tidurmu.

3. Sumber Antioksidan

Manfaat petai sebagai sumber antioksidan pernah dibuktikan pada penelitian yang dilakukan pada 2013.

Ditemukan bahwa kandungan dan aktivitas antioksidan yang terdapat pada petai cenderung lebih tinggi dibandingkan sayuran lainnya, terutama pada polong dan bijinya.

Petai mengandung flavonoid, sebuah senyawa bioaktif yang bersifat antioksidan.

Antioksidan akan menangkal radikal bebas, hal itu yang membuat petai dapat membantu cegah diabetes, kanker, aterosklerosis, dan penyakit kronis lainnya.

4. Melawan Bakteri

Penelitian melihat seberapa baik khasiat petai dalam melawan infeksi bakteri.

Kesimpulan sementara dari penelitian yang sudah ada, ekstrak biji petai efektif melawan golongan bakteri jenis gram-negatif seperti Salmonella, Escherichia, dan Chlamydia.

Ekstrak biji petai ternyata punya peluang manfaat untuk menekan pertumbuhan bakteri-bakteri jahat.

Ekstrak biji petai mengandung hexathionine dan trithiolane yang memiliki kemampuan antibakteri.

Meski demikian, tetap dibutuhkan penelitian lanjutan untuk benar-benar mengetahui apakah petai dapat bekerja sebagai obat infeksi.

5. Manfaat Untuk Jantung

Petai mengandung cukup tinggi akan kandungan kaliumnya. Kalium merupakan mineral esensial yang dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi kerja organ tubuh.

Konsumsinya penting bagi Genpiple yang ingin menjaga tekanan darah, sebab zat ini dapat membantu meregangkan dinding pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah.

Saat tekanan darah tinggi, risiko terhadap penyakit jantung akan meningkat.

Oleh karena itu, penuhilah kebutuhan asupannya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium seperti petai. (GenPI.co)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di GenPI.co, dengan judul: “5 Manfaat Petai Ternyata Sangat Dahsyat, Bikin Gula Darah Aman“. Pada edisi Kamis, 22 September 2022.
(Visited 22 times, 1 visits today)

Komentar