Jumat, 28 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Thariq Modanggu Tuntut OPD Lakukan Inovasi

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Minggu, 19 Desember 2021 | 02:05 AM Tag: ,
  Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu bersama para OPD dalam pelaksanaan Diseminasi Hasil Penelitian dan Workshop Inovasi Daerah 2021. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu menegaskan bahwa setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus dapat berinovasi. Hal tersebut disampaikannya pada saat Diseminasi Hasil Penelitian dan Workshop Inovasi Daerah Gorontalo Utara 2021 yang diselenggarakan Bappeda.

“Kita tidak boleh seperti tahun ini, yang dinilai disclaimer inovasi daerah, karena tidak satupun OPD yang punya inovasi,” tegasnya.

Ia pun mengapresiasi 6 OPD yang telah mampu tampil memaparkan inovasi yang telah dibuat untuk perencanaan pembangunan ke depan. 

“Kita patut apresiasi. Meski saya kira, pemaparannya belum maksimal, termasuk penyajiannya yang masih kurang baik. Sehingga berikutnya sudah harus lebih baik,” ujarnya. 

Enam OPD yang berkesempatan memaparkan inovasi mereka, yakni Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. OPD tersebut tentu diharapkan dapat menjadi motivasi bagi OPD yang lain untuk berinovasi. Sehingga, semua OPD memiliki minimal 1 inovasi di setiap tahunnya. 

“Tak hanya OPD, Pemerintah Desa juga dituntut berinovasi. Karena saya tahu, setiap desa itu punya potensi yang perlu dikembangkan. Sehingga kepala desa memiliki peran sentral untuk menggerakkan lahirnya inovasi di desa, yang tentu bermanfaat bagi pengembangan desa dan tentunya daerah ke depan,” tukasnya. 

Ia pun mengingatkan, dalam pembuatan inovasi, tentu perlu memperhatikan beberapa hal, dua diantaranya, yakni, regulasi dan publikasi. 

“Begitu juga dengan publikasi. Artinya, cara kita dari mulai memaparkan hingga pada memperluas informasi mengenai inovasi yang dimaksud, harus benar-benar disusun dengan rapi, agar inovasi yang dibuat tersampaikan dengan baik,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 12 times, 1 visits today)

Komentar