Senin, 17 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tour Guide, Profesi yang Menjanjikan

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Selasa, 16 Januari 2018 | 20:39 PM Tag: ,
  

Siapa yang tak suka mengunjungi tempat wisata? Apalagi jika malah kita mendapatkan fulus. Seperti Venisia Merary Tantular yang pernah menjadi seorang tour guide. Menurutnya, menjadi tour guide itu menyenangkan karena bisa bertemu banyak orang baru, mendapat kenalan baru dan itu sangat membantu untuk memperluas wawasan.

Perempuan kelahiran 29 Juni 1995 ini menceritakan awal mulanya bisa menjadi tour guide karena pendidikan terakhir yang ditempuhnya adalah jurusan pariwisata.

“Waktu itu saat akhir tahun 2016 ketika saya kembali dari merantau, saya bertemu dengan teman-teman yang bergabung dengan komunitas guide.  Saya pun diajak bergabung. Disana saya belajar dari teman-teman yang sudah lebih dulu menjadi tour guide dan akhirnya saya juga dipercayakan untuk membawa tamu-tamu,” tutur alumnus SMK Negeri 1 Gorontalo ini.

Menurut Venisia, tour guide adalah salah satu profesi yang menyenangkan, tetapi memiliki tanggung jawabnya yang cukup berat. Sebab, seorang tour guide harus memastikan kenyamanan tamu, memastikan jalannya tour sesuai dengan itinerary yang ditentukan, bisa berbaur dan tetap profesional serta yang paling penting adalah on time. Disamping itu, tour guide dituntut untuk menyampaikan informasi yang valid sehingga tour guide harus selalu up to date.

Selama menjadi tour guide, banyak manfaat yang dirasakan oleh perempuan yang memiliki hoby menari dan juga photography ini.

“Tour guide itu menurut saya adalah profesi yang cukup menjanjikan, karena tour guide tidak hanya selesai sampai di meng-handle tamu saja. Semakin lama terjun di dunia parisiwata, akan semakin banyak yang kita tahu. Banyak teman saya yang sudah punya travel sendiri atau mereka buat usaha perjalanan sendiri,” ungkap Venisia sering meng-handle tamu di tempat-tempat wisata di Provinsi Gorontalo, seperti Pulo Cinta, Benteng Otanaha dan Desa Wisata Religius Bongo. (ZT-08)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar