ramadan2024

Tuduh Qatar Danai Teroris, Kini Trump Ucapkan Terima Kasih?

×

Tuduh Qatar Danai Teroris, Kini Trump Ucapkan Terima Kasih?

Sebarkan artikel ini
Presiden AS Donald Trump (AFP)

Hargo.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Qatar karena tindakan mereka dalam melawan terorisme. Sebab terorisme merupakan musuh bersama negara-negara di dunia.

badan keuangan

“Presiden Donald Trump berterima kasih kepada Qatar atas tindakannya melawan terorisme dan ekstremisme dalam segala bentuk,” tulis Gedung Putih dalam sebuh pernyataan seperti dilansir Al Jazeera, Selasa (16/1).

Pernyataannya itu disampaikan via telepon kepada Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani. Trump juga menegaskan kembali dukungannya terhadap Dewan Kerja Sama untuk Arab di Teluk (GCC) yang fokus pada melawan ancaman regional.

Example 300250

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al Thani

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al Thani (Al Arabiya)

Pada Juni lalu, Trump meminta Qatar menghentikan pendanaan terhadap kelompok yang melakukan terorisme. Trump mengatakan, negara-negara Teluk secara historis melakukan pendanaan bagi kelompok-kelompok teroris dengan tingkat yang sangat tinggi.

Ramadhan 2024

Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Mesir memutuskan hubungan diplomatik, perjalanan, dan perdagangan dengan Qatar tahun lalu. Mereka menuduh Qatar mendukung militan dan Iran.

Qatar membantah tuduhan negara-negara Teluk tersebut. Qatar balik menuding negara-negara Teluk berusaha merongrong kedaulatannya.

Menurut pernyataan Gedung putih, Trump dan Emir mendiskusikan wilayah di mana Amerika dan Qatar dapat bermitra untuk membawa stabilitas yang lebih baik ke wilayah tersebut. Mereka berusaha melawan pengaruh Iran yang berlebihan dan terus berupaya mengalahkan terorisme.

(ce1/iml/JPC)



hari kesaktian pancasila