ramadan2024

Usai Reses, Perubahan Perda Pilkades Diparipurnakan

×

Usai Reses, Perubahan Perda Pilkades Diparipurnakan

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD Gorontalo Utara

Hargo.co.id, GORONTALO – Jika tidak ada aral melintang, DPRD Gorontalo Utara (Gorut) akan segera memparipurnakan perubahan Peraturan Daerah (Perda) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021. Ini sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Panitia Khusus (Pansus), Matran Lasunte.

badan keuangan

Dikatakan oleh Matran Lasunte, untuk proses pembahasan internal Pansus itu telah dilaksanakan sebagaimana mekanisme yang telah diatur. “Untuk proses pembahasan terhadap perubahan Perda Pilkades tersebut telah dilakukan oleh Pansus, dan saat ini tinggal menunggu proses lanjutan selesai dan siap untuk diparipurnakan,” ungkapnya.

Rencana paripurna sendiri sesuai dengan keterangan yang disampaikan oleh Matran nantinya usai pelaksanaan masa reses para aleg DPRD Gorut. 

Example 300250

“Jika tidak ada halangan lagi terhadap proses jalannya Perda tersebut dan sesuai dengan rencana, usai reses akan diparipurnakan, ” kata Matran Lasunte.

Untuk saat ini proses perubahan Perda Pilkades tersebut telah disampaikan ke pihak provinsi kata Matran, dan tentunya diharapkan tidak ada lagi halangan atau pembatalan yang terjadi. Disisi lain, Matran menjelaskan bahwa memang dalam proses pembahasan perubahan Perda tersebut ada dinamika yang terjadi. 

“Dinamika selama pembahasan tentu ada dan itu tidak bisa dihindari, seperti pembahasan menyangkut pembentukan PPK yang sampai harus berkali-kali dilakukan pembahasan dan akhirnya menemukan kesepakatan,” tegasnya.

Ramadhan 2024

Perubahan atas Perda Pilkades tersebut terjadi karena adanya Permendagri nomor 72 dan semua yang diamanatkan dalam regulasi tersebut itu terakomodir dalam perubahan Perda Pilkades yang telah rampung dibahas baik itu finalisasi maupun konsultasi dengan pimpinan. (abk/adv/hargo)



hari kesaktian pancasila