Selasa, 24 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Vaksinasi Anak di Kabupaten Gorontalo Mengundang Protes

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Metropolis , pada Senin, 24 Januari 2022 | 20:35 Tag: , ,
  Puluhan massa aksi yang mendatangi Gedung DPRD Kabupaten Gorontalo menuntut soal kebijakan pemerintah terkait pelaksanaan vaksinasi yang diduga melanggar Hak Asasi Manusia (HAM), Senin (24/1/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Puluhan massa aksi yang menamakan diri Aliansi Suara Rakyat mendatangi Gedung DPRD Kabupaten Gorontalo, Senin (24/01/2021). Mereka menuntut soal kebijakan pemerintah terkait pelaksanaan vaksinasi yang diduga melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

Rahman Hadju, salah satu orator dalam aksi tersebut mengatakan, kedatangan mereka ke gedung parlemen tersebut bertujuan untuk menyuarakan aspirasi masyarakat serta meminta kejelasan tentang vaksinasi yang seolah olah dipaksakan.

“Kami bukan anti vaksin, hanya saja vaksinasi ini tidak bisa dipaksakan. Karena itu, kami mengutuk keras segala bentuk pemaksaan ataupun intimidasi yang diduga dilakukan oleh pemangku jabatan kepada masyarakat yang belum bersedia divaksin,” kata Rahman Hadju, Senin (24/1/2021).

Salah satu hal yang menjadi contoh intimidasi tersebut, lanjut Rahman Hadju, adalah vaksinasi bagi anak yang duduk di bangku sekolah. Pemerintah tidak bisa melarang anak-anak yang belum divaksin untuk mengikuti proses pembelajaran.

“Kami meminta penjelasan terkait anak yang kalau tidak mau divaksin tidak bisa mengikuti proses pembelajaran. Ini bertentangan dengan amanat undang undang,” katanya

Tuntutan massa aksi ini ditanggapi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir. Dalam audiens yang dilaksanakan bersama massa aksi, Roni Sampir dengan tegas mengatakan bahwa tidak ada pemaksaan terkait pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Gorontalo.

“Tak ada pemaksaan terkait vaksinasi, apalagi vaksinasi anak anak ini. Kami tentunya memiliki SOP terkait pelaksanaan vaksinasi ini yang diantaranya adalah jangan memaksa,” katanya menerangkan.

Dalam audiens tersebut, Roni Sampir juga menjelaskan terkait beberapa SOP pelaksanaan vaksinasi dan manfaat vaksinasi bagi anak anak tersebut. Usai menerima penjelasan, Masa kemudian membubarkan diri.(*)

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 84 times, 1 visits today)

Komentar