Senin, 23 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Virus Zika Bikin Kontestan Olimpiade 2016 Makin Deg-degan

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Dunia , pada Selasa, 9 Februari 2016 | 16:50 Tag: , ,
  

Banyak yang Khawatir, Amerika Ancam Tarik Diri

Hargo.co.id BEBERAPA bulan terakhir, dunia tengah digemparkan oleh virus Zika, virus yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti. Namun, kendati virus Zika belum terbukti menyebabkan kematian, masyarakat dunia sudah dibuat waswas.

Memang, berdasarkan catatan WHO (World Health Organisation) virus Zika lebih memberikan efek negatif terhadap ibu hamil karena bisa menghambat pertumbuhan otak janin. Di sisi lain, mereka juga mengatakan bahwa wabah tersebut sebagai kejadian luar biasa yang mengancam kesehatan masyarakat.

Masalahnya, virus Zika kini mewabah di negara-negara Amerika Selatan termasuk Brasil yang notabene merupakan host gelaran Olimpiade 2016. Apalagi, virus tersebut sudah menjangkiti sekitar 1,5 juta warga Brasil.

Tentu saja virus Zika menjadi momok yang menakutkan terutama bagi para atlet yang bakal berlaga di Olimpiade 2016. Mereka khawatir bahwa performa selama di pesta olahraga dunia itu bakal merosot lantaran terinfeksi virus Zika.

”Saya pernah membaca bahwa Zika dapat mengganggu fungsi kerja otot tendon dan sendi. Itu jelas membuat kami khawatir,” kata atlet triathlon asal Irlandia Aileen Reid sebagaimana dilansir Guardian.

Selain itu, tambah dia, banyak atlet yang berencana untuk hamil dan memiliki anak usai mengikuti Olimpiade. Jelas virus Zika yang memang lebih memiliki efek berbahaya terhadap janin semakin membuat mereka ketar-ketir.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Laman: 1 2 3


Komentar