Senin, 6 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Wanggarasi Bangun Lapangan Sepak Bola, Ini Respon Syarif 

Oleh Berita Hargo , dalam Kab. Pohuwato , pada Kamis, 12 Juli 2018 | 23:59 PM Tag: ,
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Langklah warga di Desa Wanggarasi Barat untuk membangun lapangan sepak bola mendapat respon dari Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga. Bahkan Syarif Mbuinga ikut terlibat dalam pekerjaan yang discover program Padat Karya Tunai (PKT) Kamis (12/7) kemarin.

Program PKT yang dilaksanakan berupa pekerjaan lapangan sepak bola yang melibatkan 65 pekerja yang tak lain adalah warga desa setempat yang dibayar dengan upah HOK (hari orang kerja) sesuai dengan petunjuk teknis program PKT yakni Rp 80 ribu per hari.

Dalam kunjungan lapangan itu, Bupati Syarif menyempatkan waktunya untuk membantu warga yang bekerja meratakan tanah lapangan sepak bola.

“Kami selaku Pemerintah Daerah tentunya sangat mendukung apa yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Wonggarasi Barat ini dan semoga pemerintah desa lainnya dapat meniru seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Wonggarasi Barat,” ujarnya.

Seperti diketahui, setiap penerima dana desa wajib melaksanakan kebijakan 30 persen dari keseluruhan alokasi kegiatan pembangunan desa digunakan untuk upah pekerja atau membiayai hari orang kerja. Adapun tujuan program ini adalah menciptakan lapangan kerja melalui kegiatan pembangunan secara swakelola dan padat karya tunai.

Dengan memupuk rasa kebersamaan, gotong royong dan partisipasi masyarakat desa. Mewujudkan peningkatan akses pelayanan dasar dengan berbasis pendekatan pemberdayaan masyarakat, menekan jumlah pengangguran dan masyarakat miskin serta membangkitkan kegiatan sosial dan ekonomi dasar.

Program ini dijalankan dengan sistem upah harian atau paling maksimal mingguan. Pola harian atau mingguan ini dimaksudkan agar tenaga kerja bisa membelanjakan uangnya secara harian untuk memenuhi kebutuhan harian keluarganya. (mg01/gp/hg)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar