Saturday, 25 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Warga Dunggaliyo Minta Pembangunan Tanggul Beton untuk Cegah Banjir

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Thursday, 28 January 2016 | 11:41 AM Tags: , , ,
  

Hargo.co.id GORONTALO – Banjir Bandang yang menghantam Kecamatan Dunggaliyo, Kabupaten Gorontalo bebeperapa waktu lalu masih menyisahkan kekhawatiran besar bagi masyarakat setempat.

Pasalnya, tanggul tanah yang jebol oleh derasnya arus sungai masih kembali diganti pemerintah dengan tanggul yang jenisnya sama.

Padahal, warga berharap pemerintah sudah semestinya membangun tanggul beton di Sungai Pilolalenga yang menjadi pemicu banjir.

“Kita minta ini diganti dengan tanggul beton. Kalau tidak, pasti jebol lagi jika kembali hujan. Kan pengalaman kemarin begitu,” kata Jufri, salah satu warga Dunggaliyo.

Sebelumnya, tanggul tanah yang jebol sudah diperbaiki kembali pemerintah Desa Dunggaliyo, Kecamatan Dunggaliyo dibantu unsur TNI.

Kepala Desa Dungaliyo Samsudin Dukalang mengatakan, perbaikan terhadap tanggul yang jebol ini dilakukan oleh masyarakat sambil menunggu alat berat yang akan didatangkan oleh pemerintah untuk memperbaiki kembali tanggul-tanggul yang jebol tersebut.

“Ini adalah inisiatif dari masyarakat sendiri dalam mengantisipasi banjir susulan. Kita dipemerintah desa hanya memediasi saja, apa yang menjadi kebutuhan dari masyarakat,” urainya.

Lanjut dikatakan oleh Samsudin, masyarakat agar pemerintah segera mendatangkan alat berat guna memperbaiki tanggul-tanggul tanah dan permanen yang rusak akibat banjir bandang tersebut.

“Saat ini masyarakat masih was-was, karena saat ini hujan masih terus turun secara deras. Namun demikian warga berharap, tidak ada lagi banjir susulan seperti apa yang menjadi kekhawatiran mereka,” tutupnya. (and/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar