Kamis, 2 Februari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Warga Molosipat Tolak Ganti Penjabat Kades Sepihak

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Metropolis , pada Rabu, 24 Januari 2018 | 14:59 Tag: , ,
  

Hargo.co.id-Kantor  Camat Popayato Barat,Kabupaten Pohuwato, di datangi oleh sejumlah masyarakat dari Desa Molosipat Utara, kemarin, Selasa (23/1) pukul 10.00 wita. Mereka melakukan aksi demo, mendesak untuk tidak melakukan pergantian terhadap pejabat sementara Kepala Desa Molosipat Utara, Rostin Sahrain.Informasi yang dihimpun Gorontalo Post, bahwa Rostin Sahrain telah menjalankan tugas sebagai penjabat Kepala Desa Molosipat Utara dalam kurun waktu 6 bulan terakhir.

Sehingga itu, pihak Pemerintahan Kecamatan melakukan Pergantian Antar Waktu dengan melantik Penjabat Kepala Desa baru yakni, Rusman Songgi yang merupakan seorang ASN di Kecamatan Popayato Barat.Pemimpin aksi Demo, Nasrun Doda,
mempertanyakan pergantian Penjabat Kepala Desa ini yang terkesan dilakukan
sepihak dan melanggar peraturan. “Kami masyarakat Desa Molosipat Utara menolak
keras atas digantinya Rostin Sahrain sebagai penjabat Kepala Desa sementara.

banner 728x485

Dan kami pun menolak atas dilantiknya Penjabat Kepala Desa baru yang dilakukan tanpa dasar yang jelas,” tegasnya.Sementara itu, Camat Popayato Barat, Zulkifli Buludawa, yang menerima langsung aspirasi masyarakat mengatakan, bahwa pergantian Penjabat Kepala Desa Molosipat ini dilakukan berdasarkan aturan yang ada. “Sesuai aturan, Penjabat Kepala Desa hanya bisa melaksanakan tugas selama 6 Bulan, sementara Rostin Sahrain telah menjabat sebagai Penjabat Kepala Desa di Molosipat Utara selama 6 bulan dan harus segera diganti,” ujarnya.

Dirinya menambahkan bahwa, jabatan Penjabat Kepala Desa adalah hak prerogatif Bupati. “Sehingga itu, kami pun harus melakukan persiapan Pergantian Antar Waktu (PAW), dengan melantik Penjabat Sementara Kepala Desa Molosipat Utara, Rusman Songgi, untuk sementara waktu ini, yang diharapkan dapat diterima secara baik oleh masyarakat Desa Molosipat Utara,” pungkasnya.(tr-55/kif/hg)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Komentar