Selasa, 30 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Warga Serahkan Buaya 3,4 Meter Ke BKSDA

Oleh Aslan , dalam Headline Metropolis , pada Jumat, 9 Februari 2018 | 14:30 PM Tag: ,
  

KWANDANG, Hargo.co.id – Buaya sepanjang 3,4 meter yang masuk ke tambak udang warga di Desa Mootinelo, Kwandang, Gorontalo Utara (Gorut), akhirnya diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Gorontalo, kemarin, Kamis (8/2), setelah melewati proses negosiasi yang panjang.

“Alhamdulillah, hari ini (kemarin,red) buaya tersebut sudah secara ikhlas melepaskannya kepada kami,” ungkap Kepala BKSDA Gorontalo, Syamsuddin Hadju, kemarin. Dia menambahkan, buaya ini nantinya akan dititipkan sementara di lokasi rekan-rekan pecinta satwa yang ada di Kota Gorontalo.

Hal tersebut dikarenakan di BKSDA belum ada tempat untuk menyimpan hewan-hewan ini. “Kalau sudah ada tempatnya, maka akan segera kami ambil untuk dipindahkan.

Tapi, untuk sementara waktu, kami masih mengkoordinasikan ini dengan para pecinta satwa, agar buaya ini dititipkan terlebih dahulu kepada mereka, karena mereka sudah teruji dalam mengelola satwa liar dan memberikan perawatan secara maksimal terhadap satwa-satwa seperti ini,” kata Syamsuddin.

Sebelumnya, pada Jumat (2/2), buaya masuk ke tambak udang milik warga di Desa Mootinelo, Kwandang, Gorut. Bahkan menurut warga, bukan saat itu saja mereka melihat reptil mematikan ini berkeliaran di sekitar pemukiman warga.

Setelah buaya tersebut ditangkap hidup-hidup, warga sempat mengurungnya di dalam sebuah kandang untuk menjadi tontonan dan menjadi sumber penghasilan.

Dan setelah berunding dengan pemerintah desa, camat hingga pihak BKSDA, buaya tersebut akhirnya diserahkan secara sukarela. Masyarakat setempat juga diberikan pengertian dan pemahaman terkait dengan aturan untuk menjaga satwa liar.

“Alhamdulillah masyarakat desa sudah paham bahwa satwa ini selain berbahaya juga sudah dilindungi oleh Undang-Undang sehingga secara suka rela diserahkan masyarakat kepada kami dengan senang hati,” pungkas Syamsuddin.(kif/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar