Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Waspada! Air Minum Kemasan Tak Berizin

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi , pada Selasa, 23 Mei 2017 | 18:47 Tag: , ,
  

GORONTALO, hargo.co.id Praktis dan siap sedia menjadi salah satu pertimbangan tingginya permintaan air minum dalam kemasan.

Namun sebagai konsumen, masyarakat diimbau untuk terus teliti dalam mengkonsumsi air minum kemasan. Pastikan air minum kemasan tersebut mengantongi izin dari lembaga resmi.

Informasi yang dirangkum Gorontalo Post dari Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) Gorontalo, untuk air minum kemasan produksi lokal sudah ada tujuh merek yang mengantongi izin resmi.

Yaitu Amgo, Ainos, Ambrol, Aquality serta tiga perusahaan air minum kemasan yang diproduksi di Kabupaten Bone Bolango.

Kepala Seksi Pemeriksaan, Penyidikan, Sertifikasi dan Layanan Konsumen BPOM Gorontalo Sumiaty Haslinda menjelaskan, ketujuh merek air minum kemasan tersebut sudah memilik izin produksi dari instansi terkait serta telah melewati uji sampel oleh BPOM Gorontalo.

“Ketujuh perusahaan air minum kemasal lokal itu tetap diawasi dan diuji ulang setiap tahun,” ujar Sumiaty.

Menurut Sumiaty, apabila dalam pengujian ditemukan ada pelanggaran maka produksinya akan langsung dihentikan BPOM Gorontalo.

“Jika benar ada kandungan seperti plastik ataupun bahan kimia berbahaya maka izin produksinya kita tangguhkan untuk sementara, hingga alat ataupun hasil produksinya kembali memenuhi persyaratan yang selama ini diterapkan oleh BPOM,” ujarnya.

Lebih lanjut Sumiaty mengatakan, Secara kualitas, air kemasan produksi Gorontalo sejauh ini cukup baik. Meski begitu ada beberapa merk air minum kemasan produksi lokal yang memang mengandung ALT ataupun kandungan airnya tidak terlalu higienis. “Apa saja merknya kita tidak bisa sampaikan,” tegasnya.

Menurut Sumiaty, perusahaan yang mengandung kandungan bahan kimia tinggi itu sudah ditutup sementara sambil menunggu air hasil produksi memenuhi standard.

“Ada beberapa perusahaan yang memang sering kali kita buka tutup terkait kandungan air kemasannya yang kurang memenuhi standar,” ujarnya.

Namun Sumiaty menegaskan, ada beberapa merk air minum kemasan Gorontalo yang memang kualitasnya ada di atas rata-rata dan memiliki standar yang hampir sama dengan air minum kemasan produksi luar Gorontalo.

“Yang berpengaruh pada kualitas air adalah, mesin produksi yang digunakan, proses produksi dan sumber air minum kemasan itu sendiri,” tegasnya.

Di sisi lain, Sumiaty juga mengungkapkan, ada beberapa air minum kemasan yang belum mendapat ijin produksi tapi beredar di masyarakat.

“Sudah kita amankan, merknya Hasbinol dan kita larang untuk beredar,” tandasnya.(tr-45/hargo)

(Visited 7 times, 1 visits today)

Komentar