Kamis, 21 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Waspada Anthrax, Lapak Daging Pasar Sentral Disterilisasi

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 21 Juni 2016 | 12:45 PM Tag: ,
  

Hargo.co.id GORONTALO – Pasca penemuan dan penyitaan daging sapi yang teridentifikasi tertular antraks. Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Gorontalo bergerak cepat. Mengantisipasi menyebarnya penyakit antraks, tadi malam (20/6) petugas Disbunnak Provinsi Gorontalo melakukan sterilisasi keseluruhan lapak penjual daging sapi di kompleks pasar sentral Kota Gorontalo.

Ada 16 lapak yang disterilkan. Sterilisasi dilakukan dengan mencuci seluruh bagian lapak penjual daging sapi dengan menggunakan cairan khusus pembunuh kuman. Proses sterilisasi itu dilakukan untuk memutus mata rantai penularan dan penyebaran spora antraks. Sterilisasi berlangsung dengan pengawalan petugas Polres Gorontalo Kota.

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Peternakan dan Perkebunan Provinsi Gorontalo Majid Rasid mengungkapkan, sterilisasi ini dilakukan dengan menyemprotkan seluruh bagian lapak daging menggunakan zat desinfektan agar bakteri antrak mati. “Petugas juga membersihkan seluruh lapak daging dengan cara menyikat bagian lapak untuk membersihkan kemungkinan adanya bakteri antraks di tempat itu,” ungkapnya.

Majid menambahkan, proses sterilisasi ini juga dimaksudkan untuk memutus kemungkinan penyebaran wabah antraks di los lapak daging Pasar Sentral Kota Gorontalo.  Sementara itu, salah seorang penjual daging di Pasar Sentral Kota Gorontalo Tomi Lakoro mengaku senang adanya sterilisasi yang dilakukan Disbunnak Provinsi Gorontalo.

“Kasus antraks yang terjadi itu sangat berpengaruh besar pada pendapatan kita sehari-hari, karena masyarakat takut membeli daging di tempat ini,” ujarnya.  Karena itu, menurut Tomi, dengan adanya proses sterilisasi diharapkan bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat Gorontalo untuk kembali berbelanja di lapak daging Pasar Sentral Kota Gorontalo. “Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah, karena selain kesehatan kami bisa terjaga, juga kepercayaan masyarakat bisa kembali,” tegasnya.(tr-45/hargo)

(Visited 7 times, 1 visits today)

Komentar