Senin, 18 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Wow! Bos Microsoft Bill Gates Ingin Ciptakan ‘Sapi Super’

Oleh Berita Hargo , dalam Headline LifeStyle , pada Senin, 29 Januari 2018 | 10:37 AM Tag: , ,
  

Hargo.co.id – Miliarder sekaligus pendiri Microsoft, Bill Gates ingin ciptakan hewan super. Hewan super tersebut adalah sapi. ‘Sapi super’ tersebut nantinya dapat menghasilkan susu yang melimpah dengan kualitas terbaik yang akan diberikan kepada masyarakat miskin.

Seperti JawaPos.com lansir dari laman Mirror, Minggu (28/1), Bill Gates alokasikan dana senilai GBP 29 juta atau setara dengan Rp 544 miliar (Kurs Rupiah BI, Minggu (28/1). Hal fantastis tersebut dilakukan Bill Gates demi memberikan gizi yang cukup bagi masyarakat miskin agar dapat merasakan manfaat susu sapi.

Gates mengumumkan hal tersebut disela kunjungannya ke Universitas Edinburgh, Skotlandia. Gates beralasan bahwa ternak dan pertanian merupakan tali penolong untuk seseorang keluar dari tali kemiskinan. “Lebih dari satu miliar orang hidup dalam kemiskinan di berbagai negara. Jika Anda peduli dengan orang miskin, Anda seharusnya peduli dengan pertanian,” kata Gates dalam pidatonya.

Founder Microsoft, Bill Gates

Founder Microsoft, Bill Gates (Getty Image)

“Ternak itu ajaib. Anda bisa menjual hasilnya dan uangnya untuk membayar uang sekolah. Anda bisa menyimpan hasilnya dan itu menjadi diversifikasi pola makan,” jelasnya demikian.

Dalam proyek kemanusiaan ini, para peneliti akan mengambil gen dari sapi asli Inggris dan mencampurkannya dengan DNA dari sapi Afrika untuk menghasilkan sapi yang dapat bertahan di segala kondisi iklim.

Sebagai gambaran sapi asal Inggris, Holstein-Friesians memproduksi 40 liter susu rata-rata per hari. Sedangkan sapi-sapi Afrika sekitar sedikit lebih rendah volume susunya per hari. Kemudian sapi Afrika memiliki kelebihan yakni dapat bertahan dalam kondisi panas terik dan konsumsi pakannya dalam sehari pun tidak terlalu banyak.

Melalui proyek dan penelitian tersebut, Gates berharap dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan produktivitas dan kesehatan manusia melalui peternakan dan pertanian.

Selama ini Gates memang dikenal sebagai sosok yang dermawan. Bersama istrinya, Melinda mereka kerap mendistribusikan kekayaan dari penjualan piranti lunak Microsot untuk membantu mengatasi kemiskinan di negara berkembang.

(ryn/JPC)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar